Pengertian Administrasi, Definisi, Ciri – Ciri dan Fungsi

Pengertian Administrasi, Definisi, Ciri – Ciri dan Fungsi – Pengertian administrasi secara umum adalah suatu bentuk usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Pengertian administrasi secara sempit ialah suatu bentuk kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan sebagainya yang mempunyai sifat teknis ketatausahaan. Sedangkan pengertian administrasi secara luas ialah segala bentuk proses kerja sama dari dua orang atau lebih untuk mencapai tujuannya dengan memanfaatkan sarana dan prasana khusus secara berdaya guna dan berhasil guna.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

  • Arthur Grager: administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.
  • Sondang P. Siagian: administrasi adalah semua bentuk dari proses kerjasama antara dua individu atau lebih atas dasar rasionalitas terpilih untuk mencapai tujuan yang telah dipilih sebelumnya.
  • Ulbert: administrasi dalam artian luas didefinisikan sebagai penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal ataupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkan kembali baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Sedangkan pengertian administrasi dalam artian sempit adalah dikenal dengan istilah tata usaha.
  • George Terry: administrasi merupakan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson: administrasi merupakan suatu cabang dari ilmu manajemen yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan.

Ciri-Ciri Administrasi

  1. Ada kelompok manusia yang terdiri dari 2 individu atau lebih
  2. Ada kerja sama
  3. Ada proses atau usaha
  4. Ada bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
  5. Mempunyai tujuan

Fungsi Administrasi

  1. Planning (perencanaan)
  2. Organizing (pengorganisasian)
  3. Staffing (pengadaan tenaga kerja)
  4. Directing (pengarahan atau bimbingan)
  5. Coordinating (pengorganisasian)

Kami sangat berharap bahwasannya informasi mengenai pengertian administrasi, fungsi administrasi dan ciri Рciri administrasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Kami betul Рbetul berterimakasih kepada pembaca yang telah mempercayakan kepada kami untuk mengetahui informasi detail tentang pengertian administrasi, fungsi administrasi dan ciri Рciri administrasi. Kami terus berproses agar mampu menyuguhkan informasi yang benar Рbenar bermanfaat bagi pembaca. Karena tanpa hadirnya pembaca distus kami yang sederhana ini, kami bukanlah apa Рapa.

Pencarian :pengertian administrasi ,administrasi dan pemasaran ,pengertian administrasi dan pemasaran ,ciri ciri administrasi perkantoran ,pengertian administrasi secara umum ,administrasi pemasaran ,pengertian administrasi pemasaran ,ciri ciri administrasi ,fungsi administrasi ,definisi administrasi