Pengertian Akuntansi, Definisi, Fungsi dan Bidang

Pengertian Akuntansi, Definisi, Fungsi dan Bidang – Definisi akuntansi dari sudut pemakai adalah merupakan suatu bentuk disiplin ilmu yang menyuguhkan sebuah informasi yang dibutuhkan dalam hal pelaksanaan dan pengevaluasian kegiatan ekonomi secara efektif. Sedangkan definisi akuntansi dari sudut proses kegiatan adalah merupakan suatu proses pencatatan, penggolongan atau pengklasifikasian, pelaporan dan penganalisisan data keuangan suatu organisasi atau entitas.

Menurut Amin. W. (1997) akuntansi merupakan suatu bentuk aktivitas dalam hal pengidentifikasian, pengukuran, pengklarifikasian dan pengikthtisaran sebuah transaksi ekonomi atau kejadian yang bisa menghasilkan data kuantitatif yang utamanya bersifat keuangan dan dipergunakan untuk mengambil keputusan.

Pengertian Akuntansi Menurut Ahli

  • Abu Bakar A dan Wibowo : akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan terhadap semua transkasi ekonomi dari substansi atau perusahaan.
  • Kieso dan Weygandt : akuntansi adalah suatu sistem informasi yang tugasnya adalah untuk mengidetifikasi, melakukan pencatatan dan mengkomunikasikan segala kejadian ekonomi dari suatu organisasi ke pihak yang mempunyai kepentingan.
  • American Institute of Certified Public Accountant : akuntansi merupakan suatu bentuk seni mencatat, mengikhtisarkan dan mengelola dengan proses tertentu dan dalam ukuran moneter dan transaksi serta kejadian-kejadian yang biasanya bersifat keuangan dan menafsirkan hasil-hasilnya.

Dari beberapa pengertian akuntansi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga aktivitas utama dalam akuntansi, yaitu:

  1. Aktivitas mengidentifikasi
  2. Aktivitas mencatat
  3. Aktivitas komunikasi

Fungsi Akuntansi

Fungsi yang paling utama dari akuntansi adalah sebagai media informasi keuangan suatu organisasi. Kenapa begitu? Sebab kita dapat melihat seperti apa kualitas dan perubahan yang ada di dalam suatu organisasi itu dari laporan akuntansi. Informasi yang diberikan akuntansi berbentuk data kuantitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai tata keuangan sangat dibutuhkan oleh pihak yang akan membuat keputusan dalam aktivitas selanjutnya baik orang yang ada didalam maupun diluar organisasi.

Akuntansi bisa dijadikan sebagai alat untuk membahasakan seperti apa yang terjadi di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Di dalam akuntansi terdapat dua macam informasi yang diberikan yaitu tentang nilai perusahaan dan informasi tentang untung-rugi perusahaan. Kedua informasi tersebut bermanfaat untuk:

  1. Untuk mengetahui besarnya modal yang dimiliki sebuah perusahaan
  2. Untuk mengetahui perkembangan maju mundurnya sebuah perusahaan
  3. Sebagai pondasi untuk menghitung pajak
  4. Untuk menjelaskan kondisi sebuah perusahaan saat membutuhkan kredit dari bank atau pihak lain
  5. Sebagai patokan untuk memutuskan kebijakan yang akan dilaksanakan
  6. Untuk dapat menarik minat investor saham apabila perusahaan telah menjadi perseroan terbatas

Bidang – Bidang Akuntansi

  1. Akuntansi keuangan
  2. Pemeriksaan akuntansi atau auditing
  3. Akuntansi manajemen
  4. Akuntansi perpajakan
  5. Akuntansi budgester
  6. Akuntansi untuk organisasi nirlaba
  7. Akuntansi biaya
  8. Sistem akuntansi
  9. Akuntansi sosial

Akuntansi Sebagai Sistem

Beberapa konsep dasar akuntansi sebagai sebuah sistem yaitu:

  1. Kesatuan usaha
  2. Perusahaan berjalan
  3. Periode akuntansi
  4. Satuan uang
  5. Harta perolehan
  6. Aspek ganda
  7. Konsep akrual

Kami sangat berharap bahwasannya informasi mengenai pengertian akuntansi dan fungsi akuntansi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Kami betul – betul berterimakasih kepada pembaca yang telah mempercayakan kepada kami untuk mengetahui informasi detail tentang fungsi akuntansi dan pengertian akuntansi. Kami terus berproses agar mampu menyuguhkan informasi yang benar – benar bermanfaat bagi pembaca. Karena tanpa hadirnya pembaca distus kami yang sederhana ini, kami bukanlah apa – apa.

Pencarian :content ,pengertian akuntansi ,fungsi akuntansi menurut para ahli ,yhs-1 ,definisi akuntansi ,bidang akuntansi menurut soemarso ,pengertian akuntasi ,pengertian akuntansi Amin W ,pengertian akuntansi menurut Amin w ,penegertian akuntansi