Pengertian Akutansi Keuangan, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Akutansi Keuangan, Fungsi, dan Jenisnya –┬áBerbeda dengan akutansi biaya, akutansi keuangan ini lebih kepada penyediaan laporan keuangan untuk pihak luar. Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan untuk anda mengenai pengertian akutansi keuangan, fungsi, dan jenis laporannnya.

Pengertian Akuntansi Keuangan

Yang dinamakan dengan akuntansi keuangan ialah suatu bagian dari akuntansi yang memiliki hubungan dengan penyediaan laporan keuangan bagi pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, dan lain sebagainya. atau pengertian lainnya dari akuntansi keuangan ialah merupakan suatu sistem yang menata berbagai macam pencatatan transaksi yang dibuat oleh perusahaan sampai penyusunan laporan keuangan mengenai transaksi yang terjadi.

Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang memanifestasikan informasi ke dalam bentuk laporan keuangan dan laporan tersebut nantinya akan diperlihatkan pada pihak luar seperti pemegang saham, pajak dan lain sebagainya.
Akuntansi keuangan merupakan salah satu bagian dari akuntansi yang berhubungan dengan transaksi-transaksi keuangan, khususnya yang berkaitan dengan perubahan aset, ekuilitas ataupun kewajiban perusahaan.

  Pengertian Investasi Jangka Panjang dan Ruang Lingkupnya

Demikianlah penjabaran tentang akuntansi keuangan, kamu bisa memilih yang manapun sebab apabila diperhatikan dengan seksama seluruh inti dari penjelasan tersebut seluruhnya sama.

Sesuai dengan dengan penjelasan diatas maka dapat kita simpulkan bahwa akuntansi keuangan ialah suatu kegiatan yang mencangkup proses pencatatan hingga penganalisaan berbagai data keuangan perusahaan dan produk yang didapatkan dari kegiatan tersebut berupa laporan kuangan. Laporan kekuangan dibagi menjadi dua yakni laporan keuangan yang di peruntukkan untuk kepentingan pihak internal perusahaan dan laporan keuangan yang di peruntukkan untuk kepentingan pihak luar perusahaan.

  1. Fungsi utama akuntansi keuangan
    Sebagai media atau sumber informasi mengenai kekuangan suatu organisasi maupun perusahaan.
  2. Untuk melihat keadaan keuangan suatu organisasi atau perusahaan danperubahan apa saja yang terjadi didalamnya.
  3. Sebagai media atau sumber informasi manajemen, yang nantinya dapat membntu manajemen untuk mengambil atau membuat keputusan yang nantinya bisa mempengaruhi keadaan perusahaan.

Fungsi Akuntansi Secara Umum

  • Agar dapat mengetahui dan menghitung keuntungan maupun kerugian yang diperoleh perusahaan.
  • Agar dapat memberi informasi yang bisa berguna bagi manajemen perusahaan.
  • Dapat membantu untuk menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang mempunyai kepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu pihak dari dalam maupun dari luar.
  • Sebagai pengawas dan pengendali berbagai macam aktifitas yang terjadi pada perusahaan.
  • Untuk membantu perusahaan agar bisa mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya.
  Pengertian Penjualan dan pemasaran

Jenis-jenis Laporan Keuangan

  1. Laporan arus kas adalah jenis laporan yang bisa memberikan informasi tentang penerimaan atau pembayaran kas sebuah perusahaan selama waktu tertentu.
  2. Laporan laba-rugi adalah salah satu jenis laporan yang dihasilkan dari kegiatan akuntansi, dan laporan ini bisa memberikan informasi mengenai keuntungan maupun kerugian dari kegiatan sebuah perusahaan selama waktu tertentu.
  3. Laporan neraca, adalah salah satu jenis laporan keuangan yang dapat memberikan informasi tentang aset, ekuitas dan kewajiban suatu perusahaan.
  4. Laporan ekuitas, adalah jenis laporan kekuang yang memberikan informasi yang memiliki kaitan dengan ekuitas pemilik atau modal selama waktu tertentu pada suatu perusahaan.
  5. Catatan laporan keuangan, adalah sebuah informasi yang memiliki sifat fisik keuangan atau non-keuangan. Laporan jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang kebijakan akuntansi yang dipakai oleh suatu perusahaan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian akuntansi keuangan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua….

Pencarian :akutansi ,pengertian akutansi ,akutansi keuangan ,akuntansi keuangan ,jenis akuntansi keuangan ,jenis jenis akutansi ,pengertian akuntansi atau keuangan ,pengertian akuntansi keuangan ,pengertian akuntansi dan jenisnya ,jenis akuntansi