Pengertian Besaran dan Satuan Fisika Menurut Ahli

Pengertian Besaran dan Satuan Fisika Menurut Ahli – Sahabat budiman, kita akan melanjutkan kegiatan belajar kita untuk hari ini. Kali ini kita akan mengupas mengenai pengertian besaran dan pengertian satuan Fisika. Dalam ilmu fisika memang besaran dan satuan Fisika sendiri banyak macamnya. Simak ya.

Mungkin kalian pernah mendengar tentang besaran atau satuan pada pelajaran fisika di SMA. Ya, besaran dan satuan merupakan salah satu materi yang kita pelajari pada mata pelajaran Fisika SMA tentunya yang  jurusan IPA. Besaran dan satuan tak hanya dapat dikaitkan dengan jumlah suatu benda atau zat, namun  juga dapat beruba besar suatu energi yang di hasilkan suatu benda. Untuk  lebih jelasnya tentang pengertian besaran dan satuan mari kita simak penjelasan sebgai berikut.

Pengertian Besaran Fisika

Dalam ilmu fisika yang dimaksud dengan besaran yaitu sesuatu yang dapat di ukur dan dinyatakan dalam sebuah nilai dengan satuan-satuan yang telah ditetapkan. Selain itu besaran juga merupakan sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa suatu hal memiliki ukuran dan memiliki satuan yang akan diketahui ukurannya.

Dalam pengukuran suatu zat atau benda sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui tentang besaran dan satuan. Kerena kedua hal tersebut adalah pokok utama dalam konsep pengukuran. Dalam pengukuran terdapat berbagai macam jenis besaran. Dan besarang tersebut di tentukan brdasaran kajian ilmu fisika.adapu besaran-besaran tersebut antaralain : besaran pokok, besaran turunan, besaran vektor, dan besaran skalar.adapu penhjelasa dari masing masing besaran dapat kita pahami sebagai berikut:

1. Besaran Pokok

Besaran pokok merupakan suatu besaran yang satuannya menjadi sumber utuk menentukan satuan dari besaran lainnya. Adapun yang termasuk dari besaran pokok yakni: panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus listrik, intensitas cahaya, dan jumlah zat. Hal-hal tersebut merupakan penentu atau dasar untuk menciptakan besaran lainnya.

2. Besaran Turunan

Besaran turunan merupakan besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Maksutnya besaran yang satuan satuanya tersususn dari besaran pokok. Contohnya panjang atau jarak (meter) yang di tempuh perdetik atau waktu yang dibutuhkan(sekon) menghasilkan Kecepatan benda (m/s).

3. Besaran Vektor

Besaran vektor merupakan besaran turunan yang memiliki nilai-nilai dan arah. contoh gaya dan kecepatan. Gaya memiliki arah yakni keatas, kebawah dll.  Dan kecepatan memiliki nilai yakni 100 m/s.

4. Besaran turunan

Besaran skalar merupakan besaran turuna yang hanya memiliki nilai dan tidak memiliki arah, contohnya massa dan laju. Masa benda dapat di nilai namun tidak memilki arah misal 10 Kg. Begitu pula dengan laju.

Pengertian Satuan Fisika

Sedangkan satuan merupakan pernyataan yang menyatakan satu bagian dari suatu zat yang dapat di ukur. Satuan juga merupakan sesuatu yang digunakan untuk menyatakan ukuran suatu besaran. Selain itu satuan juga digunakan untuk membandingkan ukuran suatu besaran. Sistem satuan yang telah ditetapkan oleh para ilmuan internasional hanya ada 2 yakni, MKS dan CGS. Dalam satuan terdapat sistem satuan yang digunakan secara international.dan sistem tersenut disebut Satuan Internasional (SI). Adapun syarat agar sebuah satuan dapat ditetapkan sebagai SI yaitu;

  • Memiliki nilai tetap, yakni tidak berubah ubah.
  • Berlaku international, maksudnya tidak untuk satu golongan atau bangsa
  • Mudah ditiru dan diperbanyak, yakni tidak rumit dan simpel.
  • Mudah diubah (dikonversi) ke satuan lain. Yakni tidak hanya untuk satu satuan tertentu.

Adapun penggolongan satuan dapat di bagi menjadi dua jenis yakni, satuan baku dan satuan tak baku. Satuan  tak baku merupakan satuan yang digunakan di daerah setempat atau lokal. Sedangkan satuan baku merupakan satuan yang digunakan secara umum dapat digunakan di berbagai tempat, satuan baku dapat juga disebut sebagai satuan standar.

Pencarian :pengertian satuan ,pengertian besaran ,pengertian besaran dan satuan ,pengertian besaran satuan ,apa yang dimaksud dengan satuan ,Definisi besaran dan satuan ,definisi besaran ,pengertian satuan fisika ,apa yang dimaksud satuan ,Besaran dan satuan