Pengertian dan Fungsi Struktur Organisasi

Pengertian dan Fungsi Struktur Organisasi – Siapa yang tidak kenal dengan nama organisasi. Iya, kami rasa sebagian besar masyarakat di Indonesia pernah mengikuti organisasi. Misalnya saja organisasi karang taruna, organisasi sosial dan masih banyak lagi jenis organisasi. Tapi masih tidak banyak yang mengerti akan pengertian dan fungsi struktur organisasi. Untuk itu disini akan kami sajikan informasi terkait dengan pengertian dan fungsi struktur organisasi secara lengkap yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Berikut ulasannya.

Pengertian Struktur Organisasi

Sebelum berbicara tentang organisasi, akan kami jelaskan terlebih dahulu tentang definisi organisasi terlebih dahulu. Organisasi ialah kelompok orang (dua orang atau lebih) yang secara resmi disatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Sedangkan pengertian struktur organisasi ialah suatu susunan dari berbagai macam komponen atau unit kerja dalam sebuah organisasi. Dalam struktur organisasi terdapat pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang telak dikoordinasikan dan juga terdapat adanyaberbagai spesialisasi dari sebuah pekerjaan, saluran perintah ataupun penyampaian laporan.

  Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Struktur organisasi merupakan suatu susunan ataupun hubungan antat komponen berbagai bagian dan posisi dalam sebuah organisasi, komponen-komponen yang terdapat dalam suatu organisasi memiliki ketergantungan. Sehingga apabila terdapat sebuah komponen yang baik maka akan berpengaruh kepada komponen yang lainnya dan tentu saja akan mempengaruhi organisasi tersebut.

Fungsi Struktur Organisasi

Adapun beberapa fungsi atau kegunaan struktur organisasi akan dijelaskan selengkapnya dibawah ini:

1. Kejelasan tanggung jawab
Setiap dari anggota organisasi harus mempunyai tanggung jawab dan juga apa saja yang harus dipertanggung jawabkan. Setiang anggota sebuah organisasi tentu saja harus mempunyai tanggung jawab terhadap atasan atau pimpinannya yang sudah memberikan kewenangan, sebab pelaksanaan atau implementasi kewenangan tersebut perlu di pertanggung jawabkan. Itulah kegunaan struktur organisasi tentang kejelasan tanggung jawab.

2. Kejelasan kedudukan
Fungsi dari kejelasan kedudukanadalah setiap anggota atau seseorang yang terdapat dalam struktur organisasi sesungguhnya bisa mempermudah dalam melaksanakan koordinasi dan juga hubungan, karena adanya keterkaitan dalam penyelesaian mengenai suatu fungsi yang telah dipercayakan kepada seseorang atau anggota.

  Pengertian Akuntansi Manajemen dan Tujuannya

3. Kejelasan jalur hubungan
Fungsi mengenai kejelasan jalur hubungan adalah, dalam melakukan tanggung jawab dan pekerjaannya setiap pegawai dalam suatu organisasi maka akan diperlukan sebuah kejelasan hubungan yang tergambar dalam struktur sehingga dalam jalur penyelesaian pekerjaannya akan lebih efektif dan efisien serta dapat saling memberikan keuntungan.

4. Kejelasan uraian tugas
Fungsi dari kejelasan uraian tugas adalah, didalam struktur organisasi akan sangat membantu apabila pihak atasan atau pimpinan dapat melakukan controlling (pengawasan) maupun pengendalian dan juga bagi bawahan akan bisa lebih berkonsentrasi dalam melakukan tugas atau pekerjaannya, sebab perintah yang jelas.

Demikianlah pengertian dan fungsi struktur organisasi, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita semua

Pencarian :fungsi struktur organisasi ,fungsi struktur dalam organisasi ,manfaat struktur organisasi ,fungsi struktur ,jelaskan fungsi struktur organisasi ,pengertian dan fungsi struktur organisasi ,pengertian struktur organisasi perusahaan ,fungsi struktur organisasi kantor ,struktur organisasi dan fungsinya ,fungsi atau kegunaan struktur organisasi