Pengertian dan Ruang lingkup Manajemen Operasional

Pengertian dan Ruang lingkup Manajemen Operasional – Untuk melengkapi artikel sebelumnya mengenai ekonomi internasional, disini akan kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian dan ruang lingkup manajemen operasiobal dimana pada pembahasan kali ini juga akan ada kaitannya dengan sistem dalam perekonomian internasioal, dimana dalam manajemen operasional ini akan dibahas secara tuntas mengenai pengelolaan dari sebuah intansi atau negara secara menyeluruh. Dan berikut akan kami sajikan untuk anda terkait dengan pengetian dan ruang lingkup manajemen operasional.

Pengertian Manajemen Operasional

Operasi dapat dikatakan sebagai segala macam aktivitas untuk memodifikasi input menjadi output yang dapat menaikkan nilai dari suatu barang atau jasa. Jadi pengertian manajemen operasional ialah merupakan sektor bisnis yang memfokuskan diri pada proses produksi suatu produk ataupun jasa. Yang mana ada seorang manajer operasi yang mempunyai tanggung jawab pada proses input yakni material, energi atau tenaga kerja menjadi output yakni produk ataupun jasa.

Definisi lainnya dari manajemen operasional ialah suatu bentuk pengolahan yang menyeluruh dan juga optimal terhadap masalah tenaga kerja, barang, mesin, peralatan, bahan baku, atau produk apapun yang bisa dijadikan sebuah barang maupun jasa dan tentu saja bisa diperjual belikan. Yang mana terdapat tanggung jawab dari manajer operasional untuk menghasilkan produk ataupun jasa, mengambil keputusan yang ada hubungannya dengan fungsi operasi dan sistem modifikasi, dan mendalami pengambilan keputusan dari fungsi operasi.

  Pengertian Anggaran Beserta Jenis-Jenisnya

Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Perencanaan atau perancangan sistem produksi dan operasi

Perencanaan atau perancangan sistem produksi dimulai dari proses perencanaan produksi. Tujuannya agarproduk ataupun jasa yang dihasilkansesuai dengan kebutuhan konsumen, baik itu dari segi kualitas, harga maupun waktu. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam hal perencanaan sistem produksi ini, yaitu:

  • Seleksi dan perancangan desain produk
  • Seleksi, perancangan proses dan peralatan
  • Memilih lokasi pabrik yang tepat
  • Tata letak dari fasilitas pabrik
  • Perencanaan lingkungan kerja
  • Persoalan standar

Pengendalian Produksi

Proses produksi yang dijalankan oleh manajemen operasional adalah pengendalian yang berdasarkan dari proses perencanaan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Perencanaan produksi merupakan dasar dalam hal pengendalian produksi yang di dalamnya terdapat berbagai macam kebijakan yang harus di patuhi. akan tetapi, agar proses produksi yang sedang dijalankannya berjalan dengan lancar dan tidak keluar dari jalur yang telah disusun sebelumnya, makadiharus diawasi. Dan yang harus di ingat lagi, bahwa tujuan utama dari pengendalian adalah untuk mengoptimalkan keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan dengan cara mengurangi kesalahan yang bisa membuat rugi perusahaan.

  Pengertian Customer Service, Tugas dan Syaratnya

Sistem Informasi Produksi

Dalam sistem informasi produksi terdapat 3 (tiga) bagian, diantaranya adalah:

  • Struktur organisasi, merupakan suatu proses untuk menjalin hubungan antara berbagai macam komponen organisasi dengan tujuan organisasi agar aktivitas dari organisasi tersebut bisa diarahkan untuk mencapai target.
  • Produksi atas dasar pesanan, pada umumnya para konsumen ingin diperlakukan berbeda-beda antar konsumen satu dengan konsumen lainnya. Walaupun produsen sudah memproduksi dan menghasilkan barag secara reguler, namun faktanya permintaan para konsumen masih banyak dan berbeda-beda dan ingin pelayanan yang berbeda juga. Jadi ini merupakan tugas dari manajemen operasional apalagi jikalau sampai kualitas produksi yang di punyainya masih jauh dari apa yang di harapkan oleh konsumen.
  • Produksi untuk pasar, umumnya produsen atau perusahaan yang sudah mempunyai pasar sendiri yang cukup baik akan melakukan kegiatan produksi secara regular. Produksi untuk pasar biasanya ditetapkan oleh permintaan konsumen, baik itu dari konsumen lama maupun konsumen baru.

Demikianlah uraian singkat mengenai definisi dan ruang lingkup manajemen operasional, semoga uraian singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat untuk kita semua….

Pencarian :ruang lingkup manajemen operasional ,manajemen operasional ,definisi manajemen operasional ,ruang lingkup operasional ,ruang lingkup manajemen operasi ,ruang lingkup manajemen operasi dan produksi ,ruang lingkup manajemen ,manajemen operasional adalah ,pengertian dan ruang lingkup produsen ,pengertian manajemen operasional dan ruang lingkupnya