Pengertian HAM Hak Asasi Manusia dan Macamnya

Pengertian HAM Hak Asasi Manusia dan Macamnya – HAM atau Hak Asasi Manusia adalah suatu hak dasar yang dimiliki tiap manusia sejak ia dilahirkan. Dan tak ada seorangpun yang boleh mengganggu gugat sebab HAM merupakan anugerah dari Tuhan, itulah yang diyakini manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki derajat yang sama antara manusia satu dengan lainnya sehingga mereka berhak bebas, bermartabat, dan memiliki hak-haknya.

Berbicara soal Hak Asasi Manusia, cangkupan yang dimilikinya sangatlah luas, seperti HAM yang mempunyai sifat individu (perseorangan) ataupun HAM yang mempunyai sifat kolektif (masyarakat). Penegakan HAM didunia ini sudah diupayakan sejak berabad-abad yang lalu, meskipun dibelahan dunia lain, seperti halnya di Indonesia penegakan HAM baru terlihat gaungnya sejak berakhirnya perang dunia ke II, dan semakin gencar sejak akhir abad ke-20.

Perkembangan HAM di Indonesia ini sangat menggembirakan, hal ini terlihat dari terbentuknya komisi Nasional HAM atau Komnas HAM yang bersifat umum atau menyeluruh, atau yang yang bersifat khusus, seperti Komnas Perempuan dan Komnas Anak. Dalam hal perundang-undangan, perkembangan terbaru adalah hasil amandemen ke-4 UUD 1945 tahun 2002, yang ditambahkan khusus bab mengenai HAM yaitu pada baba XA, terdiri 10 pasal, yaitu pasal 28 A – 28 J. Bab dan pasal-pasal tersebut mengadopsi isi dari the Universal Declaration of Human Rights ataupun dokumen-dokumen HAM lainnya yang telah disusun dan disepakati secara internasional.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

  • John Locke : HAM adalah sebuah hak yang diberikan Tuhan yang bersifat kodrati yang mana hak asasinya tidak pernah dan tidak dapat dipisahkan dari hakekatnya, sehingga hak asasi merupakan sesuatu yang suci dan harus dijaga
  • Miriam Budiarjo : HAM adalah suatu hak-hak yang dimiliki oleh setiap manusia sejak lahir dan kehadirannya dalam masyarakat
  • J. Wolhos : HAM merupakan sejumlah hak yang telah mengakar dan melekat pada diri manusia, hak-hak inilah yang tidak boleh dihilangkan, karena menghilangkan HAM sama saja anda menghilangkan derajat kemanusiaan itu sendiri.
  • Frans Magnis Suseno : HAM merupakan penjega martabat manusia. Manusia memiliki HAM karena dia manusia.
  • Oemar Seno Adji : HAM ialah satu hak yang melekan bersama martabat kemanusiaan, dimana hak-hak inilah yang tidak boleh dilanggar oleh siapapun juga.
  • Komnas HAM : HAM merupakan hak asasi manusia yang mencangkup segala bidang kehidupan manusia baik sipil, politik, maupun ekonomi, sosial dan kebudayaan. Kelimanya tidak bisa dipisahkan antara satu dengan lainnya. Hak asasi politik dan sipil tidak mempunyai arti jika rakyat masih harus berjuang dengan kemiskinan dan penderitaan. Tetapi, dilain pihak masalah kemiskinan, keamanan, dan alasan lainnya tidak bisa digunakan sebagai alat untuk melakukan pelanggaran HAM dan kebebasan politik serta sosial masyarakat. Hak asasi manusia tidak mendukung individualisme, akan tetapi membendungnya dengan melindungi undividu, kelompok dan golongan, ditengah-tengah kerasnya kehidupan modern. HAM merupakan tanda solidaritas nyata suatu bangsa dengan warganya yang lemah.

Macam – Macam HAM (Hak Asasi Manusia)

Macam-macam Hak Asasi Manusia bagi menjadi 6 yaitu:

Hak Asasi Pribadi

Merupakan hak yang dimiliki setiap pribadi manusia yang mana memberikan kebebasan seperti untuk bergerak, bepergian, bebas menyatakan pendapat, bebas untuk aktif berorganisasi dan hak dalam hal menjalankan perintah Tuhan.

Hak Asasi Politik

Merupakan suatu bagian dari HAM dimana dalam setiap pemilihan berhak untuk memilih dan dipilih. Selanjutnya adalah berhak untuk ikut dalam setiap kegiatan pemerintahan dan berhak untuk mengajukan sebuah petisi

Hak Asasi Hukum

Merupakan sebuah hak asasi manusia yang memiliki kesamaan dalam sebuah hukum dan pemerintahan.

Hak Asasi Ekonomi

Merupakan suatu hak yang berhubungan dengan perekonomian dimana setiap orang berhak melakukan proses jual beli, berhak membuat perjanjian kontrak, berhak mendapatkan pekerjaan yang layak.

Hak Asasi Peradilan

Merupakan sebuah Hak Asasi Manusia dimana setiap manusia mempunyai kedudukan dan derajat yang sama dimata hukum.

Hak Asasi Sosial Budaya

Merupakan suatu hak yang berhubungan dengan kondisi sosial masyarakat dimana setiap manusia berhak untuk memilih dan menentukan pendidikannya nanti dan berhak untuk memilih kemampuannya sesuai dengan bakat dan minat.

Kami sangat berharap bahwasannya informasi mengenai pengertian HAM dan macam – macam HAM diatas bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Kami betul – betul berterimakasih kepada pembaca yang telah mempercayakan kepada kami untuk mengetahui informasi detail tentang pengertian HAM dan macam – macam HAM. Kami terus berproses agar mampu menyuguhkan informasi yang benar – benar bermanfaat bagi pembaca. Karena tanpa hadirnya pembaca distus kami yang sederhana ini, kami bukanlah apa – apa.

Pencarian :definisi ham dan unsur ,hak azazi manusia macamnya