Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Pengertian Hardware, Software dan Brainware – Hadware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna), merupakan tiga rangkaian komponen dasar yang sangat penting, sebab apabila salah satunya tidak ada mengakibatkan komputer tidak dapat dijalankan dengan baik. Nah untuk anda yang belum mengerti perbedaan antara pengertian hardware, software dan brainware berikut akan kami sajikan secara lengkap untuk anda.

Pengertian hadware, software dan brainware

1. Hardware

Yang dimaksud dengan hadware adalah merupakan suatu komponen yang terdapat dalam sebuah komputer, dapat dilihat dengan cara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Beberapa contoh dari hadware adalah sebagai berikut:

  • Perangkat input (masukan), merupakan sebuah perangkat keras yang dipakai untuk memasukkan (input) dari user (pengguna) yang akan di proses oleh komputer. Misalnya seperti contoh: mouse, keybord, joystick, touchpad, ligh pen, barcode, scanner, microphone, dan lain sebagainya.
  • Perangkat proses, merupakan sebuah perangkat keras yang gunanya adalah untuk memproses masukan (input) yang sudah diberikan oleh pengguna (user). Misalnya seperti: processor.
  • Perangkat output (keluaran), merupakan sebuha perangkat keras yang gunanya adalah untuk memperlihatkan hasil yang sudah di olah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna (user). Misalnya seperti contoh: monitor, printer, speaker, proyektor, plotter, dan lain sebagainya.

2. Software (perangkat lunak)

Yang dimaksud dengan software adalah merupakan kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer. Data komputer yang disimpan dapat berupa progam yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak dapat dipegang. Beberapa contoh software adalah sebagai berikut:

  • Sistem operasi: merupakan suatu perangkat lunak atau software yang memang ada dan sebagai jalur penghubung antara user (pengguna) dengan hardware (perangkat keras). Misalnya seperti: Windows, Linux, dan Mac OS
  • Software aplikasi: merupakan suatu perangkat lunak yang memiliki kegunaan untuk diaplikasikan agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan user (pengguna). Misalnya seperti: Microsoft Office, Libre Office, Corel Draw, Photosop, dan lain sebagainya.

3. Brainware (pengguna)

Yang dimaksud dengan brainware adalah manusia yang memakai, menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya campur tangan manusia, komputer tidak akan pernah bisa dijalankan. Maka, peran brainware disini sangatlah fital agar komputer dapat digunakan dan di operasikan dengan baik oleh penggunanya.

Demikanlah penjalasan singkat mengenai pengertian hardware, software, dan brainware, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua…..

Pencarian :Pengertian software hardware dan brainware ,pengertian hardware software brainware ,apa itu hardware sofware brainware ,pengertian hardware dan software ,pengertian Hardware Soft ,pengertian hardware software brainware dan telekomunikasi ,pengertian hardware software dan brandware ,pengertian hardware softwqre brainware ,pengertian hardwere software brainware ,Pengertian software hardware brainware