Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli – Hukum merupakan suatu hal yang harus ditegakkan dalam suatu negara, agar negara ini memiliki aturan dan tidak mudah disalah gunakan. Untuk itu disini kami ingin mengajak anda untuk mengetahui pengertian hukum menurut para ahli yang sebenarnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Pengertian Hukum

Hukum merupakan salah satu norma yang ada dalam masyarakat.Melanggar norma hukum akan mendapat sanksi yang tegas. Sedangkan pengertian hukum itu sangat beragam, oleh karena itu kita harus mengetahui pengertian hukum dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Dibawah ini adalah pengertian hukum menurut para ahli dibidangnya.

  • Plato : Hukum merupakan peraturan-peraturan yang tersusun dengan baik dan teratur serta mempunyai sifat yang mengikat hakim dan masyarakat.
  • Immanuel Kant : Hukum merupakan segala keseluruhan syarat dimana seseorang memiliki kehendak bebas dari orang yang satu bisa menyesuaikan diri dengan kehendak bebas dari orang lain dan menuruti peraturan hukum mengenai kemerdekaan.
  • P.Borst : Hukum adalah puncak peraturan bagi perbuatan manusia didalam kehidupan bermasyarakat. Dan pelaksanaanya dapat dipaksakan demi tujuan keadilan
  • Prof.Dr, Van Kan : Hukum merupakan keseluruhan peraturan hidup yang bersifat memaksa demi melindungi kepentingan manusia yang ada didalam masyarakat suatu negara.
  • J.C.T. Simorangkir : Hukum adalah segala peraturan yang bersifat memaksa dan menentukan segala tingkah laku manusia dalam masyarakat dan dibuat oleh suatu lembaga yang berwenang.
  • Drs.E. Utrecht, S.H. : Hukum merupakan suatu kumpulan peraturan yang didalamnya berisi tentang perintah dan larangan yang mengatur tata tertib kehidupan bermasyarakat dan haru ditaati oleh setiap orang yang ada dalam masyarakat, sebab pelanggaran terhadap hukum itu dapat menimbulkan tindakan dari pemerintah suatu negara atau lembaga.
  • Aristoteles : Hukum hanyalah sebuah kumpulan peraturan yang dapat mengikat dan juga sebagai hakim bagi masyarakat. dimana undang-undanglah yang mengawasi hakim dalam melaksanakan tugasnya untuk menghukum orang-orang yang bersalah atau pelanggar hukum.
  • Karl Max : Hukum adalah cerminan dari hubungan hukum ekonomis suatu msayarat dalam suatu tahap perkembangan tertentu.
  • Abdul Wahab Khalaf : Hukum adalah tuntutan Allah SWT yang berkaitan dengan perbuatan orang yang telah dewasa menyangkut perintah, larangan dan kebebasanya untuk melaksanakan atau meninggalkannya.
  • Abdul Kadir Muhammad : Hukum adalah segala peraturan baik itu tertulis ataupun tidak yang mempunyai sanksi tegas terhadap para pelanggarnya.
  • A.Ridwan Halim : Hukum merupakan segala peraturan yang tertulis maupun tidak, yang intinya semua peraturan tersebut berlaku dan diakui sebagai peraturan yang harus dipatuhi dan ditaati dalam hidup bermasyarakat.
  • Leon Duguit : Hukum merupakan seperangkat aturan tingkah laku para anggota masyarakat, dimana aturan tersebut harus ditaati oleh setiap orang sebagai jaminan dari kepentingan bersama dan jika dilanggar akan menimbulkan reaksi bersama terhadap orang yang melakukan pelanggaran hukum tersebut.
  Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) & Macam-Macam HAM

Demikianlah pembahasan pengertian hukum menurut para ahli, semoga bisa membatu dan bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian terimakasih

Pencarian :Masalah - masalah sosial