Pengertian Ideologi Menurut para Ahli

Pengertian Ideologi Menurut para Ahli – Pengertian Ideologi dapat dikatakan sebagai suatu kumpulan ide atau gagasan yang bisa diartikan sebagai visi yang luas dalam memandang segala sesuatu. Sedangkan pengertian ideologi jika kita lihat dari kamus, berasal dari kati idea atau ideas yaitu ide. Pengertian ideologi yang sebenarnya tidak hanya sekedar ide atau gagasan saja, tetapi terbangun secara sistematis dan mempunyai tujuan yang jelas dalam lingkup nasional atau kenegaraan. Tetapi para anak-anak muda sekarang lebih banyak menggunakan kata ideologi sebagai kumpulan atau pendapat mereka untuk suatu kelompok kecil. Berikut penjelasan pengertian ideologi menurut para ahli.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Menurut Silvio Vietta: ideologi merupakan sebuah bentuk perlindungan dari kumpulan ide terhadap tingkat politik yang tidak rasional yang bertindak dalam wujud idealisme

Menurut Rene Descartes: ideologi merupakan suatu kumpulan ide dari seseorang atau sekelompok manusia.

Menurut Machiavelli: ideologi merupakan suatu usaha dari seseorang penguasa untuk mempertahankan kekuasaan dan suasanya politik yang terjadi dalam negara atau pemerintahannya dalam bentuk sistem yang terorganisir.

  Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Menurut Kamus Politik White: ideologi adalah “The sum of political ideas of doctrines of distinguishable class of groub of people” artinya; cita-cata politik atau doktrin dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan.

Menurut Karl Marx: ideologi merupakan suatu alat untuk mencapai sebuah kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat. Dalam artian yang lebih jauh lagi, bahwa suatu ideologi bisa diciptakan oleh kelas masyarakat yang mempunyai kemampuan untuk mengendalikan/memproduksi bahan baku masyarakat.

Menurut Leibniz: memimpikan ideologi sebagai one greath system of truth yaitu kesatuan sitem kebenaran yang menakjubkan.

Menurut Thomas H: ideologi merupakan sebuah cara untuk mempertahankan serta melindungi politik dari suatu pemerintahan agar dapat tetap mengatur masyarakat.

Menurut Ali Syariati: ideologi merupakan suatu bentuk kumpulan gagasan dan ide yang dipatuhi oleh kelompok, kelas sosialm bangsa atau ras tertentu.

Menurut Napoleon Bonaparte: ideologi merupakan sebuah khayalan belaka yang penerapannya tidak praktis.

Itulah sedikit pengertian ideologi menurut beberapa ahli, mereka mengartikan ideologi sesuka hatinya dan kalian pun dapat juga mengartikannya sendiri, akan tetapi kami harap anda mengartikan ideologi dalam tataran sebagai makhluk bermoral dan bertanggung jawab serta tidak gila kekuasaan seperti yang dikhawatirkan Machiavelli, Silvio, Karl Marx dan teman-teman seperjuangan lainnya.

Pencarian :pengertian ideologi menurut para ahli ,ideologi menurut para ahli ,ideologi menurut karl marx ,pengertian ideologi menurut karl marx ,pengertian ideologi menurut hegel ,ideologi menurut karl mark ,definisi ideologi menurut para ahli ,Ideologi menurut karl max ,ideologi menurut ahli ,pengertian ideologi menurut karl mark