Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli – Untuk terjun dalam dunia politik, tentu kita harus belajar terlebih dahulu ilmu politik. Sebelum kita secra langsung mempelajari tentang seluk beluk dunia politik dengan rujukan ilmu politik. Kita harus tahu terlebih dahulu apa pengertian ilmu politik, kenapa kita harus mengetahuinya? Karena dalam dunia keilmuan kita harus mengetahui dulu ruang lingkup keilmuan tersebut sebelum kita mempelajarinya.

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Berikut di bawah ini adalah beberapa pengertian ilmu politik menurut para ahli:

Barents: ilmu politik ialah “De wetenschap der politiek is de wetenschap die het leven van de staat bestudeert…een maatschappelinjk leven…waarvan de staat een onderdeel vormt. Aan het oderzoek van die staten, zoal ze werken, is de wetenschap der politiek gewijd”. (Suatu ilmu yang mempelajari kehidupan negara yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat; ilmu politik mempelajari negara-negara untuk melakukan tugas-tugasnya)

Roger F. Soltau: dalam Intorduction to Politics, “Political science is the study of the state, its aims and purposes… the institutions by whixh these are going to be realized, its relations with its individual members and other states”. (ilmu politik mempelajari negara, tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melakukan tujuan-tujuan itu; hubungan antar negara dengan warganya serta negara-negara lain).

  Pengertian Populasi, Definisi, Sample + Teknik Sampling

Harold D. Laswell dan A. Kaplan: dalam power society, pengertian dari ilmu politik ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang pembentukan dan pembagian kekuasaan

A. Robson dalam University Teaching Of Sosial Sciences: ilmu politik merupakan suatu ilmu yang mempelajari seluk beluk kekuasaan yang ada didalam masyarakat,, seperti sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil. Seorang sarjana ilmu politik fokus perhatiannya tertuju pada perjuangan untuk mencapai atau mempertahankan kekuasaan, menjalankan kekuasaan atau pengaruh atas orang lain atau menentang jalannya kekuasaan itu.

Joyce Michell: dalam bukunya yang berjudul Political Analysis and Public Policy mengatakan bahwa “Politics is collective decisionmaking or the making of public policies for an entire society”. (Politik ialah pengambilan keputusan bersama-sama atau pembuatan kebijaksanaan umum untuk seluruh masyarakat).

Karl W. Deutsch: politik ialah pengambilan keputusan dengan cara lewat sarana umum. Selanjuatnya ia mmengatakan bahwa pengambilan keputusan semacam ini berbeda dengan pengambian keputusan pribadi oleh individu, dan semua keputusan-keputusan seperti itu merupakan sektor umum atau sektor publik dari suatu negara

  Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) & Macam-Macam HAM

Hoogerwerf: kebijaksanaan pemerintah, proses terbentuknya dan sebab akibatnya merupakan obyek dari ilmu politik. Sedangkan yang dimaksud kebijaksanaan umum ialah membangun masyarakat secara terarah melalui pemakaian kekuasaan.

David Easton: ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang terbentuknya kebijaksanaan umum. Dalam bukunya yang berjudul The Political System dijelaskan bahwa kehidupan politik itu mencakup berbagai macam kegitan yang mempengaruhi kebijaksanaan dari pihak yang berwenang yang diterima oleh suatu masyarakat, dan yang mempengaruhi cara untuk melaksanakan kebijaksanaan itu. Kita berpartisipasi dalam kehidupan politik apabila aktivitas yang kita lakukan mempunyai hubungan dengan pembuatan dan pelaksanaan kebijaksanaan untuk suatu masyarakat.

Harold Laswell: pengertian ilmu politik ialah merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang cara tau langkah-langkah yang digunakan untuk menghasilkan atau untuk mencapai tujuan ataupun keinginan yang memiliki nilai dengan proses yang memiliki nilai pula.

Untuk lebih jelasnya tentang pengertian ilmu politik, dibawah ini adalah bidang-bidang ilmu politik yang dikeluarkan oleh UNESCO tahun 1950:

  • Teori politik
  • Lembaga politik, yaitu:
  1. Undang-undang dasar
  2. Pemerintah nasional
  3. Pemerintah daerah dan lokal
  4. Fungsi ekonomi dan sosial dari pemerintah
  5. Perbandingan lembaga-lembaga politik
  • Partai-partai (golongan dan pendapat umum), yaitu para partai plitik, golongan, dan asosiasi, partisipasi warga negara dalam pemerintah dan administrasi serta pendapat umum
  • Hubungan internasional seperti politik internasional, organisasi dan administrasi internasional serta hukum internasional.
Pencarian :definisi ilmu politik menurut para ahli ,pengertian ilmu politik menurut para ahli ,pengertian politik menurut para ahli ,ilmu politik menurut para ahli ,definisi politik menurut para ahli ,teori politik menurut para ahli ,pengertian ilmu politik ,definisi politik menurut para ahli pdf ,politik menurut para ahli ,10 ahlih bidang politik