Pengertian Interaksi Sosial, Syarat dan Faktor

Pengertian Interaksi Sosial, Syarat dan Faktor – Interaksi sosial adalah sebuah hubungan sosial antara individu satu dengan individu lainnnya, hubungan antar kelompok satu dengan kelompok lainnya maupun antara individu dengan kolompok dengan adanya suatu timbal balik dan saling mempengaruhi satu sama lainnya. Proses sosial merupakan sebuah hubungan timbal balik antar manusia sepanjang hidupnya dalam bermasyarakat yang saling mempengaruhi.

Soerjono Soekanto berpendapat bahwa, proses sosial adalah suatu cara-cara berhubungan antar individu dan kelompok sosial yang saling bertemu serta menentukan sistem dan bentuk hubungan sosial. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai pengertian interaksi sosial.

Pengertian Interaksi Sosial

Bonner mengungkapkan bahwa interaksi sosial adalah sebuah hubungan timbal balik antar dua individu atau lebih, dimana sifat dari individu tersebut saling mempengaruhi.

Sedangkan menurut Shaw, interaksi sosial merupakan sebuah pertukaran antar individu yang mana tiap individu menunjukkan perilakunya yang saling mempengaruhi satu sama lainnya.

Dari dua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa, interaksi sosial adalah merupakan suatu hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih, yang mana setiap orang yang terlibat didalamnya berperan aktif. Selain terjadinya sebuah hubungan antara beberapa pihak yang terlibat, dalam interaksi juga terjadi hubungan yang saling mempengaruhi.

  Pengertian Perencanaan, Syarat dan Manfaatnya

Syarat terjadinya interaksi sosial

1. Kontak sosial

Yang dimaksud kontak sosial disini adalah tidak hanya bersentuhan dengan fisik saja. Karena perkembangan tehnologi yang cukup pesat, manusia dapat berhubungan tanpa harus bersentuhan, contohnya melalui telepon, telegrap, dan lain-lain.

2. Komunikasi sosial

Komunikasi dapat diartikan sebagai sebuah perasaan-perasaan yang ingin disampaikan seseorang kepada orang lain.

Faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dalam masyarakat

Proses interaksi sosial pada umumnya didasari oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Imitasi: sebuah tindakan dari seseorang untuk dapat meniru orang lain baik secara sikap, perilaku maupun fisik orang tersebut.
  2. Sugesti: suatu bentuk rangsangan, pengaruh atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain yang dapat membuatnya mengerjakan apa-apa yang telah disugestikan tanpa bisa berfikir secara rasional
  3. Simpati: sebuah proses dimana seseorang merasa tertarik dengan orang lain dikarenakan oleh pola pikir, penampilan ataupun kebijaksanaannya sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh orang yang menaruh simpati.
  4. Identifikasi: merupakan suatu keinginan seseorang untuk identik atau serupa dengan idolanya.
  5. Motivasi: merupakan suatu rangsangan, pengaruh, dorongan atau stumulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sehingga orang yang telah diberikan motivasi dapat melaksanakan apa-apa yang dimotivasikan secara kritis, rasional dan penuh tanggung jawab.
  6. Empati: merupakan sebuah proses kejiwaan seseorang untuk larut dalam perasaan orang lain, baik suka maupun duka.
  Pengertian Moral dan Etika Beserta Perbedaannya

Bentuk-bentuk interaksi sosial Asosiatif dan Disasosiatif menurut Soerjono Soekanto

1. Asosiatif

Asosiatif merupakan suatu proses interaksi pranata sosial yan menuju terbentuknya persatuan atau integrasi sosial dan mendorong terbentuknya pranata, lembaga ataupun organisasi sosial. Asosiatif dibagi menjadi dua, yaitu kerjasama dan akomodasi. Yang dimaksud kerjasama disini adalah usaha bersama baik antar individu ataupun kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan akomodasi adalah cara menyelesaikan suatu masalah tanpa menghancurkan lawannya sehingga mereka tidak kehilangan kepribadiannya.

2. Disasosiatif

Disasosiatif adalah sebuah proses sosial yang dapat membuat solidaritas dari sebuah kelompok pecah atau mengarah pada konflik. Proses ini disebut juga dengan proses oposisi. Disasosiatif dibagi menjadi tiga, yaitu persaingan, kontravensi dan pertentangan.

Pencarian :faktor dan prasyarat interaksi ,analisa tentang syarat syarat terjadinya interaksi sosial dan faktor rerjadinya interaksi sosial ,syarat dan faktor pendorong interaksi sosial ,syarat dan faktor interaksi sosial ,pengertian interaksi sosial dan syaratnya ,pengertian interaksi sosial dan faktor yang mempengaruhinya ,pengertian dan syarat interaksi sosial word ,jelaskan syarat terjadinya interaksi sosial dan faktor faktor pendodrong interaksi sosial ,faktor pengertian dan contohnya interaksi sosial ,faktor pendorong dan syarat interaksi sosial