Pengertian Internet – Intranet, Fungsi dan Manfaat

Pengertian Internet – Intranet, Fungsi dan Manfaat – Sahabat pasti kenal yang namanya internet, tapi bagaimana dengan intranet? Pada bab ini kita akan mengulas mengenai pengertian internet, pengertian intranet dan perbedaan dari keduanya, yang juga disertai dengan pembahasan mengenai fungsi internet dan fungsi intranet.

Di era yang modern ini kita tentunya sudah tidak bisa lepas lagi dari yang namanya internet, melalui internet kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dengan mudah, baik itu informasi dalam negeri atau luar negeri. Disini kita akan belajar mengenai definisi internet dan pengertian intranet.

Pengertian Internet

Internet atau “Interconnected Networking” merupakan sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan dari satu komputer dengan komputer lainnya, sehingga terbentuklah sebuah jaringan komputer secara luas di seluruh dunia yang dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, bertukar informasi atau tukar-menukar data.

Sedangkan definisi internet ialah merupakan sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan penggunanya dengan komputer yg terdapa di seluruh dunia, bai itu lewat jaringan telepon, satelit maupun lewat sistem komunikasi lainnya. Dari jutaan komputer yang terhubung itu terbentuklah apa yang kita namakan dengan internet, yang membuka jalan berbagai macam informasi seperti: audio, video, gambar, teks dan lain sebagainya untuk saling mengirim dan dinikmati bersama-sama. Jadi kesimpulannya adalah internet merupakan sebuah media infomasi dan juga komunikasi yang berfungsi sebagai alat tukar menukar informasi maupun data.

Pengertian Intranet

Suatu jaringan komputer yang saling tersambung dan dipakai oleh suatu sisem lembaga atau organisasi dinamakan Intranet. Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasi protokol TCp/IP, seperti jaringan internet akan tetapi penggunaanya dibatasi sehingga tidak semua orang dapat secara mudah mengakses intranet, hanya orang-orang atau pengguna tertentu saja yang dapat mengakses jaringan Intranet.

Jadi kesimpulannya adalah intranet mempunyai fungsi yang sama dengan internet akan tetapi memiliki layanan yang cukup terbatas dan tak seluas ataupun seberagam seperti internet.

Perbedaan Antara Internet dan Intranet

Jaringan internet:

  • Mempunyai sifat terbuka, artinya bisa diakses oleh siapapun saja asal bisa terhubung dengan jaringan internet
  • Mempunyai jangkauan yang sangat luas dan tak terbatas, artinya pengguna bisa mengaksesnya dimana saja di seluruh belahan dunia tanpa adanya batasan.

Jaringan intranet:

  • Mempunyai sifat tertutup, artinya hanya pengguna tertentu saja yang memiliki akses terhadap jaringan intranet
  • Mempunyai jangkauan luas tapi terbatas, artinya hanya menjangkau pada area-area tertentu yang memerlukan jaringan intranet.

Sekian terimakasih telah membaca postingan artikel pengertian internet dan intranet, dan semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasanmu…

Pencarian :pengertian internet ,definisi internet ,pengertian intranet ,pengertian internet dan intranet ,fungsi intranet ,fungsi internet ,pemanfaatan jaringan intranet sangat terbatas pada ,fungsi internet dan intranet ,pengertian dan fungsi intranet ,fungsi interanet