Pengertian Investasi Jangka Panjang dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Investasi Jangka Panjang dan Ruang Lingkupnya – Dijaman yang serba mahal ini, tentu kita tidak bisa hidup dengan hanya mengandalkan penghasilan bulanan jika kita menginginkan sebuah kehidupan yang lebih baik dalam finansialnya. Iya, salah satu cara agar penghasilan kita nantinya bisa berkembang alangkah baiknya jika dari sebagian penghasilan kita tabung sebagai investasi jangka panjang. Nah, untuk lebih jelasnya apa sih investasi jangka panjang itu? Berikut akan kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian investasi jangka panjang dan ruang lingkupnya.

Pengertian Investasi JangkaPpanjang

Yang dimaksud dengan investasi jangka panjang adalah suatu bentuk investasi yang mana danat yang telah kita investasikan akan diputar dan baru dapat kita cairkan kembali selepas jangka waktu tertentu (minimal 1 tahun). Sedangkan investasi jangka panjang atau yang lebih kita kenal dengan penanaman setengah kekayaan sebuah perusahaan atau individu kepada perusahaan lain dengan tujuan agar memperoleh pemasukan tetap dan atau untuk mengendalikan maupun menguasai perusahaan tersebut. Investasi jangka panjang yang dapat kita lakukan sangat banyak macamnya diantaranya bisa berupa: pelibatan dalam bentuk saham, obligasi, dan surat-surat berharga lainnya.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

  • Agar mendapatkan pendapatan yang tetap setiap periode, seperti royalty, bunga, deviden, uang sewa dan lain sebagainya.
  • Mengadakan suatu dana khusus. Contohnya seperti dana untuk kepentingan pengembangan atau ekspansi dan kepentingan sosial.
  • Mengendalikan atau mengontrol perusahaan lain, melalui kepemilikan separuh ekuitas perusahaan tersebut.
  • Mengamankan tersedianya bahan baku dan memperoleh pasar untuk produk yang dihasilkan.
  • Mengurangi persaingan antara perusahaan-perusahaan yang serupa.
  • Menjaga hubungan antar perusahaan.

Bentuk-bentuk Investasi Jangka Panjang

Terdapat berbagai macam pilihan bagi individu maupun perusahaan untuk menentukan bentuk investasi jangka panjang yang diinginkannya. Misalnya seperti dalam bentuk tanah atau bangunan (tidak untuk digunakan sebagai operasi perusahaan) atau yang lebih kita kenal sebagai investasi properti. Kita juga dapat memilih investasi dalam bentuk tabungan atau deposito, pembelian saham atau obligasi. Investasi jangka panjang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam bentuk obligasi atau saham, dan jika dibandingkan, kedua bentuk investasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Investasi dalam bentuk obligasi memiliki jaminan yang pasti atas penerimaan bungan selama kurun waktu tertentu, dan tidak terperngaruh dengan keadaan pasar, sebab perjanjiannya telah dikukuhkan sebelumnya. Sedangkan disisi lain, pendapatan investasi jangka panjang dalam bentuk saham memiliki tingkat bunga yang lebih besar dari pada bunga obligasi, jika perusahaan mendapatkan laba yang besar, namun begitu pula sebaliknya.

Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang

  • Saham
  • Reksa  Investasi progam
  • Investasi
  • Obligasi
    Penyesuaian bunga berjalan dan
  • Jurnal penyesuaian kepada bungan tidak akan diterima apabila tanggal bunga tidak sesuai pada tanggal akhir periode
  • Jurnal penyesuaian terhadap amortisasi agio atau disagio, jika obligasi dibeli dengan harga diatasi ataupun dibawah nilai nominal.
    Penjualan
  • Selisih harga jual dan nilai buku investasi obligasi diakui sebagai keuntungan begitu pun dengan
  • Saat penjualan, kas akan bertambah sebesar harga jual bersih + bunga (jika ada), sedangkan investasi obligasi berkurang.

Investasi Dalam Aktiva Lain-lain

Sebuah perusahaan juga bisa melakukan investasi terhadap aktiva lain-lain, semisal tanah dan juga bangunan atau properti. Selain karena adanya dana yang berlebih, investasi juga dimaksudkan untuk keperluan ekspansi dimasa depan. Biasanya penghasilan investasi itu berupa penghasilan kena pajak.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian investasi jangka panjang, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua…

Pencarian :Ruang lingkup investasi ,investasi jangka panjang ,ciri investasi jangka panjang ,ruang lingkup perusahaan investasi ,ruang lingkup obligasi ,ruang lingkup investasi jangka panjang ,ruang lingkup investadi ,pengertian investasi jangka panjang ,pengertian investasi dan ruang lingkupnya ,makalah ruang lingkup obligasi