Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal – Untuk melengkapi artikel sebelumnya terkait dengan kata baku dan tidak baku, berikut akan kami sajikan untuk anda terkait dnegan pengertian komunikasi verbal dan non verval yang juga sangat erak kaitannya dengan kata-kata yang kita gunakan sehari-hari. Berikut ulasannya.

Pengertian Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal ialah suatu bentuk kegiatan percakapan atau penyampaian pesan maupun informasi yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain,baik itu dilakukan secara lisan maupun dengan cara tertulis.

Pengertian lainnya dari komunikasi verbal ialah suatu bentuk komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan secara tertulis (written) ataupun lisan (oral). Pada komunikasi verbal ini pada penyampaian pesannya selain memakai simbol-simbol yang menggunakan satu kata atau lebih sebagai medianya, biasanya menggunakan media bahasa, sebab bahasa bisa menerjemahkan pikiran yang dimiliki oleh seseorang kepada orang lainnya. Sedangkan komunikasi lisan dapat di sampaikan kepada komunikan atau penerima informasi dengan menggunakan media seperti contohnya: memberikan informasi lewat telepon. Dan komunikasi verbal yang melewati tulisan dapat dilakukan dengan cara tidak langsung antara orang yang menyampaikan informasi atau komunikator dengan penerima informasi atau komunikan, contoh komunikasi yang dilakukan dengan memakai media surat-menyurat.

Contoh Komunikasi Verbal Adalah Sebagai Berikut:

  • Surat-menyurat
  • Berbicara melalui telepon
  • Presentasi tugas di depan kelas kepada teman
  • Membaca koran
  • Membaca majalah
  • Menonton televisi
  • Mendengarkan siaran radio
  • Dan lain sebagainya

Pengertian Komunikasi Non Verbal

Sedangkan komunikasi non verbal ialah merupakan kebalikan dari komunikasi verbal yakni suatu proses komunikasi atau penyampaian pesan maupun informasi yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain tanpa adanya suatu ucapan atau kata-kata, akan tetapi caranya menggunakan gerakan atau isyarat.

Komunikasi non verbal banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan komunikasi verbal. Komunikasi non verbal ini hampir secara otomatis digunakan setiap hari. Sebab komunikasi non verbal ini mempunyai sifat yang tetap dan selalu ada. Pada komunikasi non verbal ini terbilang sangat jujur dalam hal mengungkapkan apa-apa yang akan di ungkapkannya sebab komunikasi ini terjadi secara spontan.

Berikut Ini Contoh-Contoh Komunikasi Non Verbal:

  • Memakai bahasa tubuh, seperti mengangguk-anggukkan kepala dan lain sebagainya.
  • Dengan ekspresi wajah, seperti dengan senyuman, tertawa dan lain sebagainya.
  • Memakai simbol atau lambang-lambang, seperti pada pakaian yang sedang dipakainya memberikan petunjuk identitas pemakainya.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan terkait dnegan pengertian komunikasi verbal dan non verbal. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Pencarian :komunikasi verbal ,komunikasi verbal dan non verbal ,pengertian komunikasi verbal ,pengertian komunikasi verbal dan non verbal ,komunikasi verbal dan nonverbal ,Pengertian komunikasi verbal dan Nonverbal ,komunikasi verbal Adalah ,contoh komunikasi verbal ,perbedaan komunikasi verbal dan nonverbal ,definisi komunikasi verbal