Pengertian Manajemen Pemasaran, Unsur dan Tugasnya

Pengertian Manajemen Pemasaran, Unsur dan Tugasnya – Manajemen pemasaran merupakan suatu proses yang dilakukan untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan segala hal yang terkait dengan target dari sebuah perusahaan. Dimana menajemen pemasaran ini akan sangat menentukan keberhasilan dari suatu perusahaan itu sendiri. Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian manajemen pemasaran, unsur dan tugasnya. Berikut ulasannya.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Definisi manajemen pemasaran secara umum ialah suatu proses dalam perencanaan, penganalisisan, pelaksanaan, pengimplementasian dan pengawasan (controlling) ataupun pengendalian kegiatan pemasaran dalam sebuah perusahaan agar tujuan atau target yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut terpenuhi secara lebih efektif dan efisien. Manajemen pemasaran berfungsi sebagai riset konsumen atau pembeli, pengembangan produk, komunikasi dan promosi, strategi distribusi. Penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan kepada konsumen. Dan pastinya seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan agar bisa memenuhi keinginan konsumen atau pembeli.

Pengerian Manajemen Pemasaran Menurut Beberapa Ahli

  • Philip Kotler/Amstrong: manajemen pemasaran merupakan analisa, merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan atas suatu progam yang telah dirancang untuk mewujudkan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang memberi untung dengan konsumen sasaran dengan maksud untuk memperoleh sasaran organisasi.
  • Buchari Alma: manajemen pemasaran merupakan perencanaan, pengarahan, dan pengawasan semua kegiatan pemasaran perusahaan maupun bagian di pemasarannya.

Unsur-Unsur Yang Terdapat Dalam Manajemen Pemasaran

Terdapat 3 (tiga) unsur yang penting didalam manajemen pemasaran diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Orientasi Kepada Konsumen
    Biasanya produsen membuat produk agar supaya dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, yang orientasi utamanya untuk menghasilkan keuntungan. Konsumen merupakan tujuan paling utama yang harus dipertimbangkan dalam segala macam bentuk strategi bisnis. Demikian halnya juga dengan proses penjualan atau marketing, maka dari itu dalam sebuah bisnis konsumen merupakan pihak yang menjadi bagian dalam strategi dari konsep pemasaran yang harus diperhatikan. Karena konsumen dapat juga disebut sebagai raja, dan produsen atau perusahaan adalah pelayan yang harus melayani seluruh kebutuhan raja (konsumen) yakni dengan cara menawarkan berbagai macam hal yang menarik, baik itu dari segi produk yang diciptakan maupun dari segi pelayanan yang telah ditawarkan. Manajemen pemasaran telah setuju dengan konsep pemasaran yang paling baik dengan cara menjadikan konsumen sebagai prioritas yang paling utama.
  2. Perencanaan Berbagai Macam Kegiatan Pemasaran Secara Menyeluruh
    Manajemen pemasaran telah setuju dengan adanya suatu pengaturan yang dinamis sebagai bentuk dalam penyusunan dari kegiatan pemasaran secara menyeluruh. Segala keperluan dalam bidang pemasaran, strategi, implementasi, penganalisisan, pengawasan dan lain sebagainya yang erat kaitannya dengan kegiatan pemasaran harus dilaksanakan dengan cara tersusun rapi dan diatur secara terperinci dan juga jelas, sehingga dapat mempermudah dalam proses pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen pemasaran telah setuju dengan suatu upaya yang sistematis dan juga jelas sehingga bisa dilakukan penganalisisan dan pengawasab terhadap hasil yang sudah didapat. Evaluasi terhadap suatu manajemen pemasar salah satunya didasarkan atas kegiatan penyusunan secara menyeluruh tersebut.
  3. Kepuasan Konsumen
    Kepuasan konsumen merupakan hal yang paling penting dan harus diperhatikan dalam hal penyusunan suatu strategi pemasaran. Manajemen pemasaran dianggap bagus apabila setuju dengan adanya hasil keputusan dari para konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses pemasaran yang berjalan. Ukuran kepuasan konsumen tidak hanya dilihat dari kualitas produknya, akan tetapi dari bagaimana cara ataupun strategi pemasaran yang dijalankannya.

Tugas-Tugas Manajer Dalam Manajemen Pemasaran

  • Mempelajari keinginan maupun kebutuhan konsumen
  • Mengembangan suatu konsep produk atau barang yang ditujukan untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar
  • Membuat desain produk dan juga mengembangkan pembukusan ataupun merk
  • Menetapkan harga agar mendapatkan return of investment yang layak
  • Mengatur distribusi dan memeriksa penjualan
  • Menciptakan komunikasi pemasaran yang baik, dengan menggunakan media atau cara lain yang terpenting caranya tepat.

Demikanlah uraian singkat mengenai manajemen pemasaran, semoga uraian singkat ini dapat dipahami dan bermanfaat untuk kita semua….

Pencarian :unsur manajemen pemasaran ,unsur unsur manajemen pemasaran ,pancasila sebagai manajemen pemasaran ,pengertian manajemen pemasaran serta tugasnya ,manajemen pemasaran ,pengertian manajemen pemasaran dan unsur-unsur yang terkait ,unsur penting manajemen pemasaran ,unsur pengertian manejemen pemasaran ,tiga unsur penting dalam manajemen pemasaran ,unsur management pemasaran