Pengertian Metamorfosis dan Jenisnya

Pengertian Metamorfosis dan Jenisnya – Berbeda dengan pembahasan sebelumnya yang membahas mengenai kehidupan sosial ekonomi. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan sedikit pembahasan mengenai pengertian metamorfosis dan jenisnya. Berikut ulasannya.

Pengertian Metamorfosis

Secara singkat metamorfosis diartikan sebagai proses perkembangan biologi yang terjadi pada makhluk hidup mengimplikasikan perubahan tampilan fisik ataupun struktur setelah kelahirannya. Pengertian lain dari metamorfosis ialah perubahan yang terjadi pada suatu individu makhluk hidup yang berasal dari telur sampai menjadi dewasa dengan sempurna dengan cara mengalami perubahan pada bentuk strukturnya, anatomi, dan fisiologis.Pertumbuhan dan diferensiasi sel secara radikal dan dinamik mengakibatkan perubahan pada struktur fisiknya. Biasanya metamorfosis terjadi pada fase yang berbeda, misalnya dari telur, larva atau nimfa, kadang-kadang juga sering melintasi fase pupa dan akhirnya menjadi dewasa atau imago. Dibawah ini akan kami ulas lebih jelas mengenai larva, nimfa, pupa.

  1. Larva adalah suatu bentuk hewan belia yang berkembang dari metamorfosisi. Fase jenis ini sering terjadi pada serangga dan juga amfibia, sosok larva akan sanngan jauh berbeda ketika sudah menjadi sosok dewasa. Contohnya seperti yang terjadi pada ulat yang menjadi kupu-kupu. Ada beberapa organ khusus yang tidak akan dimiliki oleh larva saat mencapai bentuk dewasa dan juga larva tidak akan mempunyai oragan tubuh tertentu ketika telah menjadi dewasaa.
  2. Nimfa adalah hewan mudah yang hampir sama dengan hewan yang telah tumbuh dewasa, tapi ukurannya jauh lebih kecil dan ada beberapa organ yang masih belum tumbuh. Umumnya nimfa yang bermetamorfosisi akan mengalami peristiwa yang dikenal dengan penggantian kulit atau molting dan sesudah mengalami molting hewan tersebut akan lebih mirip dengan hewan yang telah dewasa.
  3. Pupa adalah tahapan ketika sebuah jaringan larva mengalami pembelahan dan deferensiasi sel-sel yang tadinya tidak aktif yang pada tahapan larva dan kelak akan menjadi organ tubuh. Tahapan pupa dikenal juga sebagai tahapan kepompong pada metamorfosis dan sesudah melewati tahap pupa hewan akan menjadi imago atau dewasa. Tahapan pupa hanya dapat dijumpai pada serangga atau hewan yang mengalami metamorfosis sempurna seperti misalnya kupu-kupu

Jenis-jenis Metamorfosis

Metamorfosis dibagi menjadi dua yaitu:

1. Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah merupakan metamorfosis yang mana perkembangan hewan atau serangga yang bermetamorfosis melalui tahapannya dari fase telur – larva – pupa – imago atau dewasa. Beberapa contoh hewan atau serangga yang mengalami metamorfosissempurna adalah kupu-kupu dan nyamuk.

2. Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamofosis tidak sempurna adalah merupakan metamorfosis yang mana perkembangan hewan atau serangga yang bermetamorfosis melewati tahapannya dari fase telur – nimfa – tumbuh menjadi dewasa. Jadi kesimpulannya metamorfosis tidak sempurna adalah proses pertumbuhan pada hewan ataupun serangga yang tidak mengalami perubahan bentuk, hewan yang baru menetas bentuknya sama dengan yang sudah dewasa hanya saja ada beberapa bagian tubuh tertentu yang belum mengalami pertumbuhan. Beberapa contoh hewan atau serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah belalang, jangkrik, dan kecoa.

Demikianlah penjelasan secara singkat mengenai pengertian metamorfosis, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua….

Pencarian :jenis metamorfosis ,pengertian polimorfosis dan metamorfosis ,pengertian metamorfosis ,Apa itu imago nimfa larva pupa ,pengertian metamorfosis nimfa,larva dan pupa ,Pengertian metamorfosis nimfa larva dan pupa ,metamorfosis adalah ,mencari arti kata nimfa larva pupa imago dan penjelasannya ,definisi metamorfosis ,cerpen yang di dalam nya ada kata pupa larva kepompong dan fase