Pengertian Organisasi, Unsur dan Struktur Organisasi

Pengertian Organisasi, Unsur dan Struktur Organisasi – Sahabat yang budiman, pernahkah anda mengikuti sebuah organisasi, jika anda pernah mengikuti sebuah organiasa, pasti sahabat sudah pada tahu pengertian organisasi, kemudian ada unsur – unsur organisasi, hingga struktur organisasi.

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata Organisasi. Kata tersebut  mulai kita dengar semenjak kita duduk di bangku SMP, yakni  OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah. Bahkan kadang kita terlibat aktif dalam organisasi tersebut.  Namun apakah kamu yahu pengertian dari organisasi itu? Selain OSIS kita juga mengenal organisasi yang lain seperti PRAMUKA.

Kita mengenal pramuka sejak SD. Yang mana kegiatannya sangat berbeda dengan OSIS. Namun memiliki unsur yang sama. Lantas apa saja unsur-unsur dari organisasi itu? Untuk lebih jelasnya akan kita uraikan sebagai berikut:

Pengertian Organisasi

Secara umum organisasi dapat kita artikan sebagai  perkumpulan beberapa individu yang saling bekerjasama, terkendali dan terpimpin dalam mengapai tujuan yang sama. Setaia organi sasi memiliki tujuan tertentu berdasarkan kesepakatan angotanya atau pendirinya. Dalam sebuah organisasi biasanya akan memanfaatkan suatu sumber daya tertentu yang sesuai dengan fungsi dan manfaat organisasi. Misalnya, lingkungan hidup, cara atau sebuah metode, material, mesin, uang, dan beberapa sumber daya yang lainnya.

Para anggota sebuah organisai berkumpul karena memiliki tujuan yang sama.  Dengan mengunakan sumber daya yang baik dan juga rasional maka organisai dapat terkendali oleh seorang pemimpin organisasi. Seorang pemimpin organisasi bertangung jawab  memimpin operasional organisasi agar dapat mencapai tujuannya.

Unsur – Unsur Organisasi

Setelah kita memahami tentang pengertian sebuah organisasi, kini kita akan membahas tentang unsur-unsur organisasi. Adapun unsur-unsurnya sebagai berikut :

1. Manusia (Human Faktor)

Manusia merupakan unsur utama dalam organisasi karena, organisasi dapat terbentuk, jika manusianya yang saling bekerjasama. Dalam unsur ini adakalanya manusia menjadi pemimpin dan adakalanya menjadi anggota.

2. Sasaran atau tujuan

Setiap organisasi haruslah memiliki sasaran atau tujuan yang sesuai dengan latar belakang organisasi tersebut didirikan. Jika sebuah organisasi tidak memiliki tujuan yang ingin dicapai maka organisasi tersebut akan hancur.

3. Pekerjaan

Dalam sebuah oraganisasi haruslah memiliki pekerjaan pokok. Hal ini menunjukkan bahwa sebuah organisasi tersebut tidak vakum atau kosong. Terdapat kegiatan atau pekerjaan yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi didirikan.

4. Teknologi

Teknologi yang digunakan sebuah oraganisasi sangat berpengaruh besar terhadap jalannya organisasi. Misalnya, untuk arsip membutuhkan media penyimpanan, untuk mengabadikan kegiatan mebutuhkan media dokumentasi, untuk dapat menghubungi antara angota satu dengan yang lain maka membutuhkan media komunikasi.

5. Tempat kedudukan

Tempat kedudukan dalam sebuahh organisasi sangatlah penting. kerena jika sebuah organisasi tidak memiliki kedudukan tersendiri maka organi sasi tersebut akan sulit untuk bergerak.

6. Struktur Organisasi

Struktur Organisasi merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap organisasi. Yakni mulai dari ketua, sekertaris, bendahara, seksi-seksi dll. Struktur tersebut dapat tercipta  jika antara manusia satu dengan yang lain memiliki hubungan keterkaitan dalam mencapai tujuan organisasi.

7. Lingkungan (Enviromental External Sosial System)

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan organisasi. Dengan lingkungan yang baik maka organisasi dapat berkembang dan mengapai tujuan yang diinginkan. Misalkan, adanya sistem kerja sama antara pihak sekolah dengan pramuka sehingga murid-murid sekolah dapat menjadi anggota pramuka.

Sekian artikel tentang pengertian organisasi dan unsur-unsurnya. Semoga bermanfaat.

Pencarian :Unsur unsur struktur organisasi ,unsur struktur organisasi ,pengertian struktur organisasi ,unsur unsur organisasi ,sebutkan unsur unsur struktur organisasi ,unsur organisasi ,unsur-unsur struktur organisasi ,pengertian organisasi ,definisi struktur organisasi ,unsur-unsur organisasi