Pengertian Pasar Bebas, Ciri-ciri Dan Kelebihannya

Pengertian Pasar Bebas, Ciri-ciri Dan Kelebihannya – Pada kesempatan kali ini, akan kami bahas terkait dengan pengertian pasar bebas, ciri-ciri dan kelebihan dari sistem pasar bebas. Seperti apa berikut ulasannya untuk anda.

Pengertian Pasar Bebas

Tahukah kamu apa yang dinamakan pasar bebas? Pasar bebas merupakan sebuah pasar dimana penjual dan pembeli memiliki kebebasan penuh dalam menetapkan masalah perdagangan dan juga bisnisnya. Bisa juga disebut dalam sistem ekonomi pasar bebas dimana baik penjual ataupun pembeli mempunyai kebebasan penuh dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan perdagangan mereka. Akan tetapi meskipun namanya pasar bebas, pada dasarnya tidak benar-benar bebas, karena masih ada aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh kedua pihak.

Definisi lainnya dari pasar pasar bebas ialah suatu proses kegiatan ekonomi yang dilaksanakan dengan tanpa adanya suatu aturan atau hambatan buatan yang diterapkan oleh pemerintah dalam perdagangan antar perorangan dan perusahaan yang berada dinegara lain. Tanpa adanya suatu halangan dari pemerintah untuk melakukan perdagangan, pastinya ada kebebasan aturan, cara, dan jenis barang yang dijual. Efeknya, akan memunculkan suatu persaingan usaha dagang yang super ketat baik itu antar perorangan maupun perusahaan yang ada di negara yang berbeda, atau yang biasa kita sebut dengan istilah ekspor – impor atau proses penjualan dan proses pembelian yang dilaksanakan antar negara berbeda.

Pengertian Pasar Bebas Menurut Beberapa Ahli

  • Adam Smith: pasar bebas merupakan wadah untuk menampung sesuatu yang dihasilkan oleh setiap orang yang berasal dari paham kebebasan yang disediakan kepada para pelaku ekonomi untuk mengusahakan kegiatan ekonomi sesuai dengan keinginan mereka tanpa adanya campur tangan dari pemerintah.
  • David Ricardo: perdagangan bebas adalah suatu sistem dagang luar negeri yang mana tiap-tiap negara melakukan usaha dagangnya tanpa ada halangan dari negara itu sendiri.

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pasar Bebas

  • Sumber produksi dan alat bisa dimiliki serta ditata oleh seseorang, masyarakat, maupun perusahaan.
  • Terdapat pembagian kelas dalam masyarakat, yaitu kelas pekerja dan kelas pemilik modal.
  • Adanya persaingan antar pengusaha untuk memperoleh keuntungan yang optimal atau sebesa-besarnya (profit motive).
  • Tidak adanya campur tangan dari pemerintah dalam pasar. Lalu campur tangan dari negara terbatas hanya pada berbagai hal yang tidak bisa diusahakan oleh swasta, tetapi menjadi syarat terselenggaranya pasar bebas, contohnya keamanan negara.

Kelebihan Sistem Ekonomi Pasar Bebas

  1. Setiap orang bebas memiliki kekayaan serta sumber daya produksi.
  2. Kreatifitas dan inisiatif dari masyarakat dapat dikembangkan.
  3. Adanya suatu persaingan antar produsen yang berakibat terciptanya berbagai macam produk yang berkualitas.
  4. Efesiensi dan efektifitas yang tinggi karena tindakannya selalu atas dasar prinsip ekonomi.

Kekurangan Sistem Ekonomi Pasar Bebas

  1. Terjadinya eksploitasi kepada masyarakan yang ekonominya lemah oleh pihak yang ekonominya kuat.
  2. Bisa menimbulkan terjadinya monopoli yang dapat merugikan masyarakat.
  3. Munculnya kesenjangan ekonomi antara golongan ekonomi kuat dengan ekonomi lemah.
  4. Bisa menimbulkan ketidak stabilan perekonomian.

Demikan uraian singkat mengenai pengertian pasar bebas, semoga uraian diatas dapat bermanfaat untuk kita semua….

Pencarian :ciri ciri pasar bebas ,ciri pasar bebas ,pengertian sistem perekonomian pasar bebas ciri kelebihan ,ciri perdagangan bebas ,ciri-ciri dari perdagangan bebas ,ciri ciri sistem ekonomi pasar bebas ,kekebihan Pasar bebas ,kelebihan pasar bebas ,pengertian pasar bebas ,Ciri-ciri pasar bebas