Pengertian Pasar Uang, Fungsi dan Tujuan

Pengertian Pasar Uang, Fungsi dan Tujuan – Pada pembahasan kali ini, kami ingin berbagi sedikit pengetahuan terkait dengan pengertian pasar uang, fungsi dan tujuannya, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Berikut ulasannya.

Pengertian Pasar Uang

Pasar uang merupakan suatu pasar yang memperdagangkan instrumen jangka. Atau pengertian lainnya adalah suatu pasar yang memperjualkan instrumen financial dengan jangka pendek dan kualitas yang dimilkinya sangat bagus. Pasar uang ini mempunyai instrumen dengan jangka waktu yang pendek, biasanya kurang dari satu tahun dan umumnya mudah diperdagangkan. Pasar uang dikenal juga sebagai pasar kredit jangka pendek.

Fungsi Pasar Uang

  1. Sebagai perantara untuk perdagangan berbagai surat berharga yang mempunyai jangka pendek.
  2. Sebagai penampung dana yang berupa surat-surat berharga jangka pendek.
  3. Sebagai sumber dana atau pembiayayan bagi perusahaan untuk berinvestasi.
  4. Sebagai perantara investor dari luar negeri dalam hal penyaluran kredit jangka pendek kepada perusahaan yang ada didalam negeri.

Tujuan Pasar Uang dan Peserta Pasar Uang

Pihak yang memerlukan modal atau dana:

  1. Untuk dapat memenuhi kebutuhan jangka pendek
  2. Untuk dapat memenuhi kebutuhan likuiditas
  3. Untuk memenuhi dana atau modal kerja
  4. Sedang mengalami kalah keliring
  Pengertian Transaksi, Definisi Bukti Transaksi + Jenis

Pihak yang menanamkan modal atau dana:

  1. Untuk mendapatkan pendapatan dengan tingkat suku bunga tertentu.
  2. Untuk membantu pihak yang sedang mengalami kesulitan keuangan atau krisis.
  3. Spekulasi.

Peserta dari pasar uang:

  1. Perusahaan besar.
  2. Lembaga keuangan.
  3. Lembaga pemerintahan.
  4. Perorangan atau individu.

Resiko Investasi Di Pasar Uang

Resiko yang perlu kamu ketahui dan mungkin akan kamu hadapi jika berinvestasi di pasar keuangan, antara lain sebagai berikut:

  1. Resiko pasar (interest rate risk), merupakan suatu jenis resiko yang ada kaitannya dengan turunnya suatu harga dari surat berharga dan tingkat bunga yang naik yang bisa menyebabkan investor mengalami capital loss.
  2. Resiko reinvestment, merupakan suatu jenis resiko terhadap berbagai penghasilan sebuah aset finansial, yang perlu di re-invest dalam asat yang berpenghasilan rendah. Resiko ini memaksa seorang investor untuk mengalihkan penghasilan yang diperoleh dari bunga kredit atau surat-surat berharga ke investasi yang penghasilannya rendah akibat dari dampak penurunan tingkat bunga.
  3. Resiko gagal bayar (default risk atau kredit risk), merupakan suatu resiko yang terjadi disebabkan oleh debitur (peminjam) yang tidak bisa memenuhi kewajibannya sesuai dengan yang telah diperjanjikan.
  4. Resiko inflasi (resiko daya beli atau purchasing power risk), untuk menghadapi hal tersebut umumnya kreditur berusaha untuk mengimbangi proyeksi inflasi dengan menerapkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi.
  5. Resiko valuta (currency risk atau exchange rate risk), merupakan suatu resiko yang bisa terjadi dikarenakan adanya perubahan yang tidak menguntungkan terhadap kurs mata uang asing.
  6. Resiko politik, resiko ini ada hubungannya dengan kemungkinan perubahan ketentuan perundang-undangan yang berakibat dengan turunnya penghasilan yang diperkirakan dari suatu investasi atau bahkan bisa terjadi kerugian total dari modal yang sudah diinvestasikan.
  7. Resiko marketablitiy atau liquidity risk, merupakan suatu resiko yang dapat terjadi apabila instrumen pasar yang dipunyai susah dijual lagi sebelum waktu jatuh tempo. Susahnya menjual kembali surat berharga tersebut, menyebabkan tidak bisa mencairkan kembali instrumen pasar uang dalam bentuk uang tunai ketika saat membutuhkan likuiditas sebelum waktu jatuh tempo.
  Pengertian Badan Usaha, Syarat dan Jenisnya

Demikianlah ulasan singkat tentang pengertian pasar uang, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk kita semua….

Pencarian :pasar uang ,tujuan pasar uang ,pengertian pasar uang ,fungsi pasar uang ,Tujuan uang ,fungsi dan tujuan pasar uang ,tujuan pasar ,tujuan pasar keuangan ,fungsi peserta dan tujuan pasar uang ,tujuan para investor dalam pasar uang