Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli – Perubahan sosial adalah sebuah proses berubahnya suatu tatanan/sturktural sosial yang terjadi didalam masyarakat, meliputi pola pikir, sikap dan keinginan untuk mendapatkan penghidupan sosial yang lebih bermartabat.

Pada hakikatnya setiap masyarakat yang ada di seluruh di dunia ini dalam kehidupanya dapat dipastikan akan mengalami yang namanya perubahan-perubahan yang akan kita ketahui apabila membandingkan dengan suatu masyarakat di masa – masa tertentu dengan masyarakat di masa lalu. Sehingga bisa dikatakan bahwa pada dasarnya masyarakat terus menerus mengalami yang namanya sebuah perubahan. Akan tetapi  perubahan sosial yang terjadi antara masyarakat satu dengan lainnya tidaklah selalu sama.

Hal ini dikarenakan oleh adanya suatu masyarakat yang mengalami sebuah perubahan lebih cepat jika dibandingkan dengan masyarakat lainnya. Perubahan-perubahan yang terjadi prosesnya bisa saja berlangsung secara cepat ataupun lambat, berpengaruh secara luas ataupun terbatas dan juga perubahan-perubahan tersebut terkadang terlihat sangat menonjol ataupun malah tidak menampakkan perubahan sama sekali.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

  • Kingsley Davis: perubahan sosial merupakan sebuah perubahan yang terjadi di dalam struktur dan fungsi masyarakat.
  • Mac iver: perubahan sosial merupakan suatu perubahan-perubahan yang terjadi didalam sebuah hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.
  • Gillin dan JP. Gillin: perubahan sosial merupakan sebuah variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima baik itu perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun disebabkan karena adanya difusi atau penemuan-penemuan baru di dalam masyarakat.
  • Emile Durkheim: perubahan sosial merupakan hasil dari faktor ekologi dan demografi yang mengubah suatu bentuk kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat oleh solidaritas mekanistik ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.
  • William F. Ogburn: perubahan sosial merupakan suatu perubhan yang meliputi beberapa unsur kebudayaan baik itu secara material ataupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari beberapa unsur kebudayaan material terhadap beberapa unsur immaterial.

Dari pendapat pengertian perubahan sosial beberapa ahli di atas dapat kita simpulkan baha pengertian perubahan sosial adalah suatu perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat meliputi perubahan struktur ataupun fungsi sosial masyarakat, atau perubahan yang terjadi karena faktor lingkungan, berubahnya komposisi penduduk, letak geografi, serta berubabahnya sistem hubungan sosial.

Pencarian :perubahan sosial menurut para ahli ,pengertian perubahan sosial menurut para ahli ,pengertian perubahan sosial ,definisi perubahan sosial menurut para ahli ,perubahan sosial ,pengertian perubahan ,definisi perubahan sosial ,perubahan sosial menurut mac iver ,definisi perubahan ,Analisislah pendapat para ahli mengenai perubahan sosial budaya