Pengertian Prinsip Ekonomi, Ciri, Jenis dan Contoh

Pengertian Prinsip Ekonomi, Ciri, Jenis dan Contoh – Sahabat yang budiman, untuk menghadapi MEA kedepan, kita sebagai bagian Masyarakat Ekonomi ASEAN, tentu juga harus berpikir berdasarkan prinsip ekonomi. Apa sih pengertian prinsip ekonim itu? prinsip ekonomi memiliki ciri dan jenisnya sendiri, seperti apa ciri – ciri prinsip ekonomi dan jenis prinsip ekonomi? simak deh.

Kita sadari bahwa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, banyak sekali yang harus di penuhi. Mulai dari kebutuhan akan sandang sepetri, baju, celana, sepatu dll. Kebutuhan papan seperti, rumah, kendaraan, perabot rumah tangga dll. Dan kebutuhan pangan seperti makanan yang lezat, vitamin dll. Dari sekian banyak kebutuhan tersebut tidak mungkin kita dapat memenuhinya sekaligus. Untuk memenuhi kebutuhan hidup kita di butuhkan biaya yang tidak sedikit, maka agar kebutuhan kita tersebut dapat terpenuhi dengan biaya yang relative sedikit timbullah prinsip ekonomi. Untuk mengetahui lebih jelas tentang prinsip ekonomi maka akan di  bahas sebagai berikut.

Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi merupakan sebuah usaha untuk mendapatkan hasil tertentu dengan pengorbanan yang seminim mungkin. Selain itu prisip ekonomi juga dapat diartikan sebagai suatu tindakan dalam rangka mendapatkan kebutuhan tertentu dengan biaya yang seminim mungkin. Prinsip ekonomi ditujukan agar pelaku ekonomi dapat mencapai keektifan serta keefesienan yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. Misalnya, jika saat kita akan membeli sebuah barang, pasti kita akan membandingkan harga barang dan kualitas yang di tawarkan toko tersebut dengan toko yang lain. Selain itu kita akan mencari barang yang harganya murah karena ada diskon atau adapotongan harga.

Ciri – Ciri Prinsip Ekonomi

Setelah kita memahami dan mencermati pengetian prisip ekonomi, kini saatnya kit mengetahui tentang ciri-cirir prinsip ekonomi. Adapun ciri-ciri dari prinsip ekonomi sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Selalu hemat
  2. Selalu mengutamakan kebutuhan yang terpenting terlebih dahulu.
  3. Merinci kebutuhan hidup dari yang terpenting sampai dengan kebutuhan yang tidak terlalu penting.
  4. Bertindak dengan rasional dan ekonomis, yakni menentukan kebutuhan menggunakan perencanaan yang sudah matang.
  5. Bertindak dengan prinsip “pengeluaran biaya diikuti dengan hasil yang di dapatkan.”

Jenis Jenis Prinsip Ekonomi

Setelah kita mengetahui tentang ciri-ciri dari prinsip ekonomi maka kiata akan membahas tentang jenis-jenis prinsip ekonomi. Adapun jenis-jenis dari prinsip ekonomi dapat di kelompokkan menjadi 3 jenis yakni:

  1. Prinsip produsen

Prinsip produsen merupakan prinsip ekonomi yang digunakan untuk menentukan bahan baku, alat produksi maupun biaya produksi dari bahan baku menjadi bahan jadi. Prinsip ini  ditekankan kepada bahan baku serendah mungkin dan dapat menghasilkan produk atau barang yang berkualitas baik.

  1. Prinsip penjual atau pedagang

Prinsip penjual merupakan prinsip ekonomi yang digunakan untuk melakukan berbagai macam usaha agar dapat memenuhi selera dari kosumen.  Prinsip ini ditekankan pada promosi atau iklan, reward hadiah, dan lain sebagainya dengan tujuan agar memperoleh banyak pelanggan sehingga keuntungan akan semakin besar.

  1. Prinsip pembeli

Prinsip pembeli merupakan prinsip ekonomi yang digunakan untuk  mendapatkan produk maupun jasa yang bermutu dan memiliki kualitas yang baik namun dengan  biaya yang seminim mungkin.

Dari ketiga jenis prisip ekonomi tersebut akan tibul beberapa hal yang akan dilakukan pelaku ekonomi. Adapun hal-hal yang ditimbulkan dari prinsip ekonomi tersebut antara lain :

a. Bertindak ekonomis

Yakni pelaku ekonomi akan bertindak untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya dengan cara yang rasional. Maksudnya rasional  yaitu setiap tindakan yang dilakukan akan dipikirkan secara matang terlebih dahulu dan selalu berpegang pada prinsip ekonomi. Seseorang pelaku ekonomi dapat dikatakan bertindak secara ekonomis jika ia dapat menyeimbangkan antara hasil yang diperolah dan biaya yang dikeluarkan.  Yakni kebutuhannya dapat terpenuhi sebaik mungkin dan pengorbanan atau biaya yang dikeluarkannya sekecil mungkin.

b. Berpikir ekonomis

Yakni pelaku ekonomi berfikir untuk mencari cara agar apa yang didapat dari alam dapat memiliki nilai guna yang lebih baik lagi. Hal ini dilakukan karena untuk mengimbangi keperluan atau kebutuhan yang akan semakin lama semakin meningkat. Pelaku ekonomi tidak hanya berpikir tentang cara memakai sumber yang telah ada (dari alam) untuk di habiskan begitu saja. Namun juga berfikir agar suberdaya tersebut dapat lebih bermanfaat. Seseorang pelaku ekonomi dapat di katakan berfikir ekonomis jika orang tersebut dapat melakukan melakukan tindakan produksi.

Sekian pembahasan mengenai pengertian prinsip ekonomi dan contohnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Pencarian :prinsip ekonomi ,pengertian prinsip ekonomi ,contoh prinsip ekonomi ,prinsip ekonomi adalah ,ciri ciri prinsip ekonomi ,prinsip prinsip ekonomi ,prinsip ekonomi dan contohnya ,jelaskan prinsip ekonomi ,jenis jenis ekonomi ,prinsip