Pengertian Rantai Makanan, Definisi + Contoh

Pengertian Rantai Makanan, Definisi + Contoh – Sahabat sudah mengenal apa itu rantai makanan? apa sih pengertian rantai makanan dan seperti apa contoh rantai makanan itu? Yuk, kita kupas lebih detail lagi mengenai rantai makanan ini. Ada banyak rantai makanan di darat, rantai makanan di laut yang sering kita temui.

Kita pasti sudah tak asing lagi dengan kata makan dan dimakan. Ya, makan adalah kegiatan yang sangat sering kita lakukan. Selain karena faktor biologis, yaitu untuk tetap bertahan hidup. Maksudnya dapat bertahan hidup tubuh disini ialah kita membutuhkan asupan nutrisi dan energy yang hanya dapat kita peroleh melalui makan atau mengonsumsi makanan. Selain faktor biologis ada pula factor lain yakni factor kepuasan diri. Kita ingin merasakan makanan yang lezat dan nikmat walau harus membanyar mahal untuk mendapatkannya.

Sedangkan dimakan identik dengan bahan makanan. Yakni semua benda baik berasal dari tumbuhan ataupun hewan yang dapat dimakan. Makan dan di makan biasanya sangat identik dengan kata pemangsa dan yang dimangsa. Adapun porses memakan dan dimakan itu yang disebut dengan rantai makanan. Untuk lebih jejasnya maka akan di bahas sebagai berikut.

Pengertian Rantai  Makanan

Rantai makanan adalah  suatu  urutan kegiatan memangsa dan dimangasa pada mahluk hidup.  Dalam urutan-urutan tersebut masing masing mahluk berperan sesuai dengan posisi dan kemampuannya. Yakni, ada yang berperan menjadi  produsen, ada yang menjadi   konsumen,  dan  ada pula yang berperan menjadi dekomposer  (pengurai).  Selai itu  rantai  makanan  juga dapat diartikan sebagai  proses  perpindahan  energi  makanan  dari  sumber  daya tumbuhan  melalui  tahap-tahap  jenjang  makan.

  Pengertian Analisis SWOT, Definisi dan Manfaat

Adapun yang dimaksut dengan tahap jenjang makanan disini adalah proses makan dan dimakan mulai dari tumbuhan  dimakan  herbivora , herbivora dimakan  carnivore, carnivora dimakan omnivora.  Pada  setiap  tahapan  pemindahan  energi,  80%  –  90%  energi  potensial  akan hilang  sebagai  panas. Seingga langkah­langkah  dalam  rantai  makanan  terbatas pada  4  hingga  5  langkah  saja.  Karena semakin pendek rantai makanan semakin besar juga energi yang tersedia.

Proses memangsa dan dimangsa memiliki urutan tertentu yakni mulai dari produsen, konsumen, kemudian pengurai. Adapun  tingkatan yang terdapat dalam  rantai  makanan  pada suatu ekosistem dapat disebut dengan tingkat trofik.

Pada  tingkat  trofik yang awal atau disebut sebagai produsen. Produsen merupakan makluk hidup yang dapat menghasilkan atau membuat zat makanannya sendiri tanpa harus mengonsumsi makluk hidup yang lain. Contohnya tumbuh-tubuhan hijau yang dapat menghilakan makanan sendiri melaui proses fotosintesis.

Kemuadian pada   tingkat  tropik  yang  berikutnya atau dapat disebut  dengan  konsumen    primer yakni konsumen  tingkat  I. Disebut  sebagai konsumen primer karena pada tinggatan ini  umumnya  ditempati  oleh komsumen pertama yakni hewan  herbivora  (pemakan  tmbuhan). Contohnya, kambing yang memamakan rumput. Dikatakan tingkatan I karena mahluk hidup di tingkatan ini hanya memakan mahluk hidup produsen.

Selanjutnya  pada  tingkat  tropik  ketiga  atau dapat disebut  dengan  konsumen  sekunder yakni konsumen  tingkat  II. Disebut konsumen sekunder karena pada tingkatan ini  umumnya  ditempati  oleh konsumen yang kedua yakni hewan  carnivora  (hewan  pemakan  daging). Contohnya, anjing memakan kambing. Dikatakan tingkatan II karena mahluk hidup di tingkatan ini memakan konsumen primer( konsumen tingkat I)

  Pengertian Populasi, Definisi, Sample + Teknik Sampling

Dan kemudian  tingkat  tropik  tertinggi  atau  terakhir atau dapat disebut dengan  konsumen puncak. Disebut konsumen puncak karena pada tingkatan ini  umumnya  ditempati  oleh konsumen yang ketiga atau terahir yakni omnivore(pemakan hewan dan tumbuhan). Contohnya, manusia memakan sayuran dan kambing. Dikatakan tingkatan tertinggi karena mahluk hidup di tingkatan ini memakan konsumen sekuder, primer dan produsen.

Setalah kita mengetahui tentang pengetian rantai makanan dan tingkatannya kini saatnya kita mengetahui tentang contoh rantai makanan dalam kehidupan sehari hari. Dalam embahasan kali ini akan di jelaskan contoh rantai makanan dalam dua kelompok yakni kelompok hewan darat. Dan kelompok hewan air. Adapun contohnya dapat kita pahami sebagai berikut :

Contoh Rantai Makanan di Darat

  1. Pohon  akan  menyerap air  dan  menggunakan  sinar  matahari  untuk  proses fotosintesis dalam menghasilkan makanan. Hasil dari fotosintesis akan disimpan dalam dalam biji, batang, buah, dan tempat penyimpanan yang lainnya.
  2. Ulat  (Konsumen  tingkat  I),  yaitu  insekta  pemakan  tumbuhan  akan  memakan tumbuhan  tersebut.  Lalu  tubuh  ulat mengubah  sejumlah  makanan  menjadi  energi  untuk aktivitas hidupnya dan bereproduksi.
  3. Semut (Konsumen  tingkat  II),  yaitu  serangga  pemakan  daging  akan  memakan  ulat. Ulat merupakan makanan atau sumber energi untuk semut, agar semut  tetap dapat bertahan hidup dan bereproduksi.
  4. Ayam  (konsumen  tingkat  III  atau  konsumen  puncak)  akan  memakan  semut.  Ayam memakan semut untuk menggunakan energi yang tersedia dari semut agar dapat bertahan hidup dan berkembangbiak.
  5. Saat  ayam  mati,  iapun akan  membusuk.  Pada  proses  pembusukan  tersebut  ia  akan diuraikan  oleh  mikroorganisme  seperti  bakteri dan belatung  sehingga menjadi unsur hara dalam tanah.
  Pengertian Gen, Sifat Gen dan Fungsi Gen

Contoh Rantai Makanan di Laut

  1. Zooplankton  (Produsen).  dalam  sebuah ekosistem  perairan,  Zooplankton  berperan  sebagai  produsen karena Zooplankton merupakan organisme yang mampu berfotosintesis, menghasilkan cadangan makanan (amylum).
  2. Ikan (Konsumen  tingkat  I),  yaitu  hewan  yang  memakan  Zooplankton,  Kemudian ikan akan mengubah makannanya menjadi energi untuk kelangsungan hidupnya dan perkembangbiakannya.
  3. Pinguin  (Konsumen  tingkat  II),  pinguin  memakan  ikan,  karena  ikan  merupakan  salah  satu sumber makannanya.
  4. Paus  pembunuh  (konsumen  tingkat  III  atau  konsumen  puncak),  akan  memakan  pinguin.  Paus pembunuh  memakan  pinguin  untuk  menggunakan  energi  yang  tersedia  dari  luar  agar  dapatbertahan hidup.
  5. Saat paus mati, iapun kemudian membusuk. dalam proses pembusukan tersebut paus akan diuraikan oleh mikroorganisme  seperti  bakteri dan mikro organsme lain.

Sekian  pembahasan  tentang  pengertian  rantai  makanan dan contohnya,  semoga  artikel  ini  dapat  bermanfaat .

Pencarian :rantai makanan ,pengertian rantai makanan ,Definisi rantai makanan ,pengertian rantai makanan menurut para ahli ,rantai makanan semut ,rantai makanan adalah ,penngertian rantai makanan ,penjelasan tentang rantai makanan ,pengertian rantai maksnan ,pengertian rantai makanan dan contohnya