Pengertian Strategi Pemasaran, Faktor dan Macam-macamnya

Pengertian Strategi Pemasaran, Faktor dan Macam-macamnya – Untuk melengkapi artikel sebelumnya terkait dengan dunia pemasaran. Kali ini akan kami ulas secara lengkap terkait dengan strategi pemasaran, faktor dan macam-macamnya. Dimana hal ini sangat berkaitan dengan dunia perekonomian dan pemasaran suatu barang. Berikut ulasannya.

Pengertian Strategi Pemasaran

Yang dimaksud dengan strategi pemasaran ialah suatu pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Atau pengertian strategi pemasaran lainnya adalah suatu pola fundamental, dimana adanya suatu perencanaan pemasaran, pengarahan sumber daya, serta interaksi dengan pasar, pesaing, konsumen dan lain sebagainya. selain itu, dalam suatu strategi pemasaran ada baiknya untuk mempertimbangkan tujuan dari pemasaran, pasar yang diincarnya dan bagaimana mengelola sumberdaya dengan efektif dan efisien.

Faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya perubahan dalam strategi pemasaran

  1. Siklus daur hidup produk, merupakan tahap perkenalan, tahap pertumbungan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
  2. Tingkat persaingan perusahaan dipasar,dalam hal melakukan strategi pemasaran harus seuai dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
  3. Keadaan ekonomi, strategi pemasaran harus sesuai dengan situasi ekonomi dan pandangan kedapan, apakah ekonomi berada pada situasi makmur atau inflasi tinggi.

Pengertian Strategi Pemasarn Menurut Beberapa Ahli

  • Philip Kotler: strategi pemasaran merupakan suatu pola pikir pemasaran yang nantinya akan dipergunakan untuk menggapai tujuan pemasaran dan berisi strategi rinci untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besaranya pengeluaran pemasaran.
  • Tjiptono: strategi pemasaran merupakan alat fundamental yang telah direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkelanjutan melewati pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang di pakai untuk melayani pasar target tersebut.
  • Stanton: strategi pemasaran merupakan sesuatu yang melingkupi semua sistem yang mempunyai hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mengiklankan dan menyalurkan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli aktuam maupun potensial.

Macam-macam strategi pemasaran

1. Strategi kebutuhan primer
Strategi untuk merancang kebutuhan primer antara lain:
a. Menambah jumlah yang menggunakannya
b. Meningkatkan jumlah pembeli

2. Strategi kebutuhan selektif
Yaitu dengan cara:
a. Mempertahankan jumlah pelanggan seperti:
• Memelihara kepuasan pelanggan
• Menyederhanakan proses pembelian
• Mengurangi daya tarik atau jelang untuk peralihan merk

b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
• Mengambil posisi berhadapan atau head to head positioning
• Mengambil posisi berbeda atau differentiated positing

Secara lebih jelasnya, strategi pemasaran dibagi menjadi empat jenis yaitu:

  1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pengguna.
  2. Merangsang kebutuhan primer dengan cara memperbesar tingkat pembelian.
  3. Merangsang kebutuhan selektif dengan memperhankan pelanggan yang sudah ada.
  4. Merangsang kebutuhan selektif dengan cara menjaring pelanggan baru.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian strategi pemasaran, semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua….

Pencarian :macam macam strategi pemasaran ,pengertian strategi pemasaran ,jenis strategi pemasaran ,macam-macam strategi pemasaran ,faktor pemasaran ,strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan ,macam-macam strategi pemasaran menurut para ahli ,macam strategi pemasaran ,materi strategi pemasaran ,macam macam pemasaran