Pengertian Teks Eksposisi dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Teks Eksposisi dan Ruang Lingkupnya – Untuk melengkapi postingan sebelumnya, kali ini akan kami sajikan informasi terkait dengan pengertian teks eksposisi dan ruang lingkupnya. Berikut akan kami sajikan informasinya secara lengkap untuk anda yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Pengertian Teks Eksposisi

Yang dimaksud dengan teks eksposisi ialah suatu paragraf atau karangan yang tersimpan sejumlah informasi dan pengetahuan yang disuguhkan dengan singkat, padat dan akurat. Paragraf eksposisi memiliki sifat yang ilmiah atau bisa dikatakan non fiksi. Beberapa contoh teks eksposisi dapat dilihat dalam berita-berita atau koran.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

  • Eksposisi definisi
  • Eksposisi proses
  • Eksposisi klasifikasi
  • Eksposisi ilustrasi
  • Eksposisi perbandingan
  • Eksposisi laporan

Ciri-ciri Teks Eksposisi

  1. Menjelaskan tentang informasi pengetahuan
  2. Gaya informasinya bersifat mengajak
  3. Penyampaiannya dengan cara lugas dan bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baku
  4. Tidak memihak, artinya tidak memaksakan kehendak penulis terhadap pembacanya.
  5. Fakta digunakan sebagai alat kontribusi dan kontritasi

Sturktur Teks Eksposisi

  1. Pembukaan (tesis)
  2. Isi (argumentasi)
  3. Penegasan ulang

Tujuan teks eksposisi
Teks eksposisi bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan berbagai macam informasi tertentu sehingga pengetahuan para pembacanya bertambah.

Contoh Teks Eksposisi

Realita Hukum di Indonesia

1. Tesis :

Sesungguhnya hukum di Indonesia itu sebagaimana yang telah diatur pada Undang-undang telah secara tegas mengatur hukuman bagi berbagai pelaku tindak kejahatan. Namun, kenyataannya seringkali kita jumpai terjadinya ketidakadilan hukum yang sangat merugikan bagi banyak orang. Hukum boleh saja tegas, namun akan menjadi tumpul di hadapan koruptor, itulah kenyataan saat ini.

2. Argumentasi :

Bukan rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia memperoleh hukuman yang tingkatannya masih tergolong ringan, bahkan ada koruptor yang menerima fasilitas mewah padahal sudah merugikan bangsa. Seringkali kita melihat berita bahwa seorang pencuri dihajar massa hingga meninggal dunia. Namun, belum pernah ada koruptor di Indonesia dikeroyok masa sampai tewas.

3. Penegasan Ulang :

Hukum di Indonesia itu dapat dikatakan hanya tegas di hadapan rakyat kecil. Sebut saja kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, beliau terancam hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh tidak adil memang jika dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima koruptor.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian teks eksposisi, semoga bermanfat untuk kita semua….

Pencarian :ruang lingkup teks eksposisi