Pengertian Paragraf, Ciri-Ciri, Fungsi dan Jenis Paragraf

Pengertian Paragraf, Ciri-Ciri, Fungsi dan Jenis Paragraf – Masih terkait dengan materi pelajaran Bahasa Indonesia, jika pada artikel sebelumnya kami telah menjelaskan terkait dengan pengertian berita, maka izinkan kami kali ini untuk menyampaikan informasi terkait dengan pengertian paragraf? apa saja ciri – ciri paragraf, fungsi paragraf, dan jenis – jenis paragraf itu? Kita akan mengulasnya dalam episode khusus hari ini.

Mungkin secara tidak kita sadari bahwa kita sering kali membuat sebuah paragraf. Dalam surat cinta, catatan harian atupun tugas sekolah. Bahkan kita sering membaca paragraf yang terdapat pada koran, status facebook, ataupun buku mata pelajaran sekolah. Namun kita tidak tahu itu jenis paragar apa? Dan bagaimana ciri-cirinya? Nah dalam artikel ini akan kita pelajari tentang pengertian paragraf, jenis-jenis paragraf dan ciri-cirinya.

Pengertian Paragraf, Ciri-Ciri, Fungsi dan Jenis Paragraf

Pengertian Paragraf

Paragraf ialah suatu kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Atau dapat diartikan pula paragraf adalah bagian dari sebuah karangan yang terdiri dari beberapa kalimat, yang berisiskan tentang informasi dari penulis untuk pembaca dengan pikiran utama sebagai pusatnya dan juga pikiran penjelas sebagai pendukungnya.

Paragraf terdiri dari beberapa kalimat yang berhubungan antara satu dengan yang lain dalam suatu rangkaian yang mengahasilkan sebuah informasi. Paragarf juga dapat disebut sebagai penuangan ide dari penulis melalui beberapa kalimat yang berkaitan dan memiliki satu tema. Paragraf juga dapat disebut sebagai karangan yang singkat.

Pengertian Paragraf Menurut Para Ahli

1. Akhaidah dkk

Pengertian paragraf menurut Akhaidah dkk (1999:144) adalah inti penuangan sebuah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut mulai dari kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas hingga kalimat penutup. Dimana himpunan kalimat ini saling berkaitan dalam suatu rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan.

2. Arifin dan S. Amran Tasai

Pengertian paragraf menurut Arifin dan S. Amran Tasai (2006:125) adalah sekumpulan kalimat yang membicarakan suatu gagan atau topik. Suatu kalimat dalam paragraf memperlihatkan kesatuan pikiran atau yang memiliki keterkaitan dalam membentuk gagasan atau topik tersebut.

3. Ramlan

Pengertian paragraf menurut Ramlan (2010:23) adalah bagian dari suatu karangan yang terdiri atas sejumlah kalimat yang mengungkapkan satuan informasi dengan ide pokok sebagai pengendalinya.

4. Gorys Keraf

Pengertian paragraf menurut Gorys Keraf (2979:62) adalah suatu kesatuan pikiran yang merupakan suatu kesatuan yang lebih tinggi atau luas dari suatu kalimat yang membentuk himpunan dari kalimat dalam suatu rangkaian untuk membentuk suatu gagasan.

5. Lamuddin Finoza

Pengertian paragraf menurut Lamuddin Finoza (2004:149) adalah suatu satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil dari penggabungan beberapa kalimat.

Ciri – Ciri Paragraf

Setelah kamu mengetahui tentang pengetian dari paragraf kini mari kita pelajari tentang ciri-ciri sebuah paragraf. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:

  1. Kalimat pada baris pertama terletak agak dalam. Yakni, dengan jarak lima ketukan spasi untuk jenis karangan yang biasa. Untuk kalimat pada baris selanjutnya biasanya lebi maju dari kalimat pad abaris pertama.
  2. Paragraf memiliki dua jenis kalimat. Yakni, kalimat utama dan kalimat penjelas.
  3. Sebuah paragraf biasanya memakai satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas.

Kalimat utama atau disebut juga kalimat topik merupakan kalimat pokok atau gambaran umum tentang ide yang ingin di sampaikan. Sedangkan kalimat penjelas merupakan gambaran rinci dari ide yang akan di sampaikan. Dengan kata lain kalimt penjelas menguraikan ataupun menerangkan pikiran utama yang terdapat pada kalimat topik. Misalnya, kita ingin membahas masalah bola. Maka kalimat utama paragraf tersebut merupakan gambaran umum tentang bola, sedangkan kalimat penjelasnya bisa berupa gambaran khusus tentang bola tersebut.

Jenis – Jenis Paragraf

Dengan ciri-ciri  paragraf yang telah disebutkan di atas, kita dapat memahami bagai mana dentuk sebuah paragraf itu. Selanjutnya akan kita bahas tentang jenis-jenis dari paragraf. Adapun jenisnya sebagai berikut:

Paragraf berdasarkan jenis ceritanya yakni:

  1. Paragraf Narasi

Paragraf Narasi merupakan paragraf yang menceritakan suatu kejadian berdasarkan urutan waktunya. Paragraf narasi terdiri dua jenis yakni narasi kejadian dan narasi runtut cerita. Paragraf narasi kejadian merupakan paragraf yang menceritakan suatu kejadian. Sedangkan paragraf narasi runtut cerita yaitu paragraf yang pola pengembangannya dimulai dengan sebuah tindakan yang menghasilkan sesuatu berlanjut ketahap berikutnya hingga tahap ahir dari cerita.

  1. Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi merupakan paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menyampaikan informasi, menjelaskan dan juga menerangkan suatu topik  kepada orang lain.  Tujuan paragraf eksposisi ialah untuk memberikan informasi kepada oarang lain. Untuk memahami paragraf eksposisi kita harus mengana lisis dan juga menghubungkan dengan  pengetahuan ynag kita miliki.

  1. Paragraf Agumentasi

Paragraf Agumentasi merupakan paragraf yang diguakan untuk mengungkapkan ide, gagasan, ataupun pendapat penulis yang disertai bukti dan juga fakta (yang benar terjadi). Paragraf argumentasi bertujuan untuk meyakinkan orang lain bahwa ide, gagasan, dan pendapat tersebut adalah benar adanya dan terbukti nyata.

  1. Paragraf persuasi

Paragraf persuasi merupakan paragraf yang mempunyai tujuan untuk membujuk orang lain supaya melakuan sesuatu yang di inginkan oleh penulisnya. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, penulis harus bisa pembaca percaya dengan disertai pembuktian yang nyata.

Paragraf berdasarkan letak dari pikiran utamanya:

  1. Paragraf deduktif

Paragraf deduktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya terlatak di awal paragraf. Dan untuk kalimat penjelasnya diletakkan setelah kalimat utama.

  1. Paragraf induktif

Paragraf induktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak diakhir paragraph. Dan kalimat penjelsanya diletakan sebelum kalimat utama.

  1. Paragraf campuran (deduktifinduktif)

Paragraf campuran (deduktifinduktif) merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf. Sedangkan kalimat penjelasnya berada di tengah-tengah paragraf.

Fungsi Paragraf

Adapun fungsi dari pagraf sediri adalah :

1. Mengekspresikan gagasan yang tertulis

Maksudnya mengekspresikan gagasan disisni ialah memberikan bentuk suatu pikiran dan juga perasaan ke dalam rangkaian kalimat yang tersusun sehingga membentuk suatu kesatuan.

2. Untuk  menandai peralihan gagasan baru

Maksudnya sebuah karangan yang terdiri beberapa paragraf memiliki beberapa ide atau gagasan. Dan ide atau gagasan tersebuat teletad di masing masing paragraf. Sehingga jika kita membuat paragraf baru maka kita juga membuat gagasan baru.

3. Untuk memudahkan menulis dan pembaca

Yakni memudahkan penulis dalam menyusun gagasannya. Dan untuk memudahkan pembaca dalam memahami gagasan dari penulis.

4. Memudahkan pengembangan topik

Yakni dalam mengembangkan topik sebuah  karangan ke dalam bentuk pemikiran yang lebih kecil.

5. Untuk memudahkan pengendalian variable

Yakni pengarang lebih mudah dalam mengendalikan variabel, terutama pada karangan yang terdiri dari banyak variabel.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian paragraf lengkap dengan fungsi, ciri-ciri dan jenis-jenis paragraf. Semoga dari penjelasan diatas bisa memberikan anda wawasan baru dan ilmu yang bermanfaat.

Categories Bahasa