Pengertian Moral dan Etika Beserta Perbedaannya

Pengertian Moral dan Etika Beserta Perbedaannya – Moral dan etika merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bersosial. Sehingga moral dan etika tentunya harus kita bangun dari lingkungan dan diri kita. Mungkin sering kali kita menganggap bahwa moral dan etika adalah sesuatu yang sama. Namun pada dasarnya adalah berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan infromasi terkait dengan pengertian moral dan etika beserta perbedaannya.

Pengertian Moral

Menurut wikipedia yang berbahasa inggris, pengertian moral sangatlah sederhana, yaitu pesan yang disampaikan atau pelajaran yang bisa dipetik dari suatu kisah atau peristiwa. Sedangkan pengertian moral menurut beberapa sumber adalah sebagai berikut:

  • Kamus psikologi (chaplin, 2006): moral ialah akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.
  • Hurlock (edisi ke-6, 1990): perilaku moral merupakan perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok sosial. Moral sendiri artinya tata cara, kebiasaan, dan adat. Perilaku moral dikendalikan konsep-konsep moral yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.
  • Dian Ibung:moral ialah nilai yang berlaku dalam suatu lingkungan sosial dan mengatur tingkah laku seseorang
  • Maria Assumpta: moral ialah aturan-aturan mengenai sikap dan perilaku manusia sebagai manusia.
  • Zainuddin Saifullah Nainggolan: moral ialah suatu tendensi rohani untuk melaksanakan seperangkat standar dan norma yang mengatur perilaku seseorang dan masyarakat. pengertian moral ini berkaitan erat dengan akhlak manusia atau fitrah manusia yang diciptakan memang dengan kemampuan untuk membedakan mana yang baik dan buruk.
  • Imam Sukardi: moral ialah kebaikan yang disesuaikan dengan ukuran tindakan yang diterima oleh umum atau masyarakat, meliputi kesatuan sosial ataupun lingkungan tertentu. Pengertian moral disini selalu berhubunfan dengan adat istiadat suatu masyarakat.

Pengertian Etika

Etika secara etimologi berasal dari bahasa Yunani, etos yang artinya kebiasaan, adat. Istilah etika pertama kali diperkenalkan oleh filsuf Yunani, Aristosteles lewat karyanya yang berjudul Etika Nicomachiea. Buku tersebut berisi tentang ukuran-ukuran perbuatan.

Dari asal katanya, etika ialah ilmy yang mempelajari tentang kebiasaan manusia. Tetapi dalam perkembangannya, ilmu etika tidak hanya membahas tentang kebiasaan manusia saja tetapi lebih membahas tentang kebiasaan (adat) yang berdasarkan pada sesuatu yang melekat pada kodrat manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa etika adalah kebiasaan-kebiasaan dalam arti moral atau kesusilaan. Oleh sebab itu, etika sering diartikan sebagai ilmu tentang benar atau salah dalam tingkah laku manusia.

Beberapa literatur mengungkapkan bahwa etika itu sendiri merupakan cabang dari filsafat yang mempelajari tentang pandangan dan persoalan yang berhubungan dengan masalah moral atau kesusilaan. Sehingganya dapat disebut bahwa etika ialah penyelidikan yang dilaksanakan secara bijaksana atau penyelidikan filosofis terhadap kewajiban-kewajiban manusia dan segala hal yang baik dan buruk.

Perbedaan Moral Dan Etika

Secara etimologi, kata etika dan moral pada awalnya memiliki arti yang sama atau dengan kata lain sinonim. Perbedaan yang ada pada kata etika dan moral ini awalnya hanya berbeda asal katanya, yang satu berasal dari bahasa latin dan yang satunya lagi berasal dari bahasa yunani. Bila ditarik sejarah kata moral berasal dari kata moralis, mos, moresatau yang maknanya adat dan kebiasaan. Mores sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani artinya ethikos,yang kita tahu bahwa ethikos merupakan asal kata yang lebih dahulu ada dari moralis.

Secara lebih jelas perbedaannya adalah sebagai berikut:

  • Moral adalah kewajiban mutlak yang harus dimiliki oleh manusia sedangkan etika tidak mutlak tapi lebih baik jika dimiliki
  • Etika kurang pas jika dikatakan untuk seseorang yang melakukan perbuatan baik karena etika adalah sebuah studi, sedangkan moral lebih tepat, karena moral lebih mengarah ke sifat manusia tersebut.
  • Moral sifatnya normatif-imperatif sedangkan etika bersifat normatif-sistematis (filosofis)
  • Kebanyakan masyarakat kelas menengah kebawah memiliki moral tapi jarang memperhatikan etika. Etika biasanya hanya dipikirkan oleh pemerintah khususnya DPR, oleh karena itu mereka membuat peraturan.

Demikian yang bisa kami informasikan untuk anda terkait dengan Pengertian moral dan etika beserta perbedaannya.

Pencarian :Perbedaan antara etika akhlak dan moral bdeserta contoh